ANTENATAL CARE PADA IBU DENGAN USIA MENIKAH DIBAWAH 20 TAHUN DI KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

SANTI LESTIARINI, 101611123117 (2019) ANTENATAL CARE PADA IBU DENGAN USIA MENIKAH DIBAWAH 20 TAHUN DI KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.45-19 Les a ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.45-19 Les a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antenatal care (ANC) merupakan bentuk upaya perawatan kehamilan untuk mengawasi kehamilan. Ibu hamil dengan usia kurang 20 tahun termasuk kehamilan terlalu dini yang akan memperngaruhi kesehatan reproduksi dan rentan mengalami gangguan kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah melihat fenomena antenatal care ibu dengan usia menikah dibawah 20 tahun di Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi deskriptif dengan cara indepth interview serta adanya data pendukung. Informan berjumlah sepuluh orang yang sedang hamil dengan usia dibawah 20 tahun serta informan kunci adalah keluarga. Fokus penelitian ini meliputi karakteristik informan, self-efficacy, outcome expectancies, risk perception, intention, action planning, action yang menggunakan teori perilaku health action process approach (HAPA) yang meyakini bahwa perubahan perilaku dengan cara meningkatkan niat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian informan memiliki persepsi risiko (Risk Perception) akan melahirkan dengan operasi hingga mengalami kematian jika hamil diusia kurang 20 tahun dan memperparah jika tidak kunjungan antenatal care (ANC) rutin, meskipun demikian informan memiliki outcome expectancies yaitu dapat melahirkan secara normal. Informan memiliki self efficacy untuk ANC namun tidak memiliki kemandirian dan perlu mendapat dukungan keluarga yang kemudian membentuk intention untuk merawat kehamilan. Action plan informan yaitu dengan periksa kehamilan rutin, melakukan aktivitas fisik dan minum vitamin, akan tetapi action yang telah dilakukan adalah beberapa informan tidak periksa ke tenaga kesehatan secara rutin, tidak menjaga pola makan dan tidak melakukan aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.45/19 Les a
Uncontrolled Keywords: Pregnancy, Antenatal care (ANC), pregnant women under 20 years of age
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SANTI LESTIARINI, 101611123117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorShrimarti Rukmini Devy, Dr., Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:35
Last Modified: 07 Feb 2019 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item