PENERAPAN HIGIENE SANITASI DAN PENYELENGGARAAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT ‘AISYIYAH BOJONEGORO

ULVIA TRI HANDAYANI, 151511713043 (2018) PENERAPAN HIGIENE SANITASI DAN PENYELENGGARAAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT ‘AISYIYAH BOJONEGORO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ULVIA TRI HANDAYANI 151511713043.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Higiene sanitasi dan penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit merupakan faktor yang penting untuk mencegah makanan agar tidak terkontaminasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari penerapan higiene sanitasi dan penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro. Penelitian bersifat observasional dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah penerapan higiene sanitasi makanan, sanitasi fisik bangunan, sanitasi peralatan dan fasilitas sanitasi yang berdasarkan Kepmenkes No.1024 Tahun 2004 dan Permenkes No.1096 Tahun 2011. Subjek penelitian adalah tenaga penjamah makanan sebanyak 4 orang. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro yang terletak di Jl. Hasyim Asyari, No.17, Kauman, Bojonegoro, Jawa Timur dan pengambilan data dilakukan pada Bulan Mei 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penyelenggaraan makanan 83% memenuhi persyaratan, kurang terpenuhinya dari segi suhu penyimpanan. Personal higiene penjamah makanan 77% memenuhi persyaratan, kurang terpenuhinya dari segi sertifikat penjamah makanan dan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sanitasi fisik bangunan 83% memenuhi persyaratan, kurang terpenuhinya dari segi pintu, pencahayaan dan ventilasi. Sanitasi peralatan makan dan masak 89% memenuhi persyaratan, kurang terpenuhinya dari segi penyimpanan peralatan makan. Fasilitas sanitasi 71% memenuhi persyaratan, kurang terpenuhinya dari segi alat pengering pada tempat cuci tangan, ruang ganti pakaian dan toilet. Saran yang diberikan adalah dilakukan pengecekan suhu, pemeriksaan kesehatan secara berkala, reward penggunaan APD lengkap, pintu dibuat membuka ke arah luar, menambahkan jumlah lampu, penambahan tempat penyimpanan peralatan makan dalam lemari yang tertutup, disediakan alat pengering, pemisahan tempat sampah dan pemisahan kamar mandi/toilet bagi laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.23/18 Han p
Uncontrolled Keywords: higiene sanitasi, penyelenggaraan makanan, rumah sakit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ULVIA TRI HANDAYANI, 151511713043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErwin Dyah Nawawinetu, dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:33
Last Modified: 01 Mar 2019 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item