GAMBARAN HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PENYEDIAAN APD, PELATIHAN, DAN PENGAWASAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN APD DI AREA NIAGA PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

MARIA ASTRID PUSPASARI, 151511713044 (2018) GAMBARAN HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PENYEDIAAN APD, PELATIHAN, DAN PENGAWASAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN APD DI AREA NIAGA PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MARIA ASTRID PUSPASARI 151511713044.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepatuhan dapat dipengaruhi oleh faktor predisposisi (pengetahuan), faktor pemungkin (penyediaan APD dan pelatihan) serta faktor penguat (pengawasan). Tujuan penelitian ini untuk mempelajari gambaran hubungan antara faktor-faktor tersebut terhadap kepatuhan penggunaan APD pada area niaga di PT. PAL Indonesia (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan observasional. Populasi penelitian berjumlah 13 orang pada area niaga bagian pengelasan. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan observasi langsung sebanyak 4x. Analisis data dilakukan menggunakan software statistika dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh pekerja (100%) patuh menggunakan APD: sarung tangan, kap las, baju kerja, sepatu keselamatan, welding respirator, dan ear plug namun pekerja yang patuh menggunakan appron hanya 30,8% dan penggunaan stewel hanya dipatuhi 7,7% pekerja. Pekerja dengan tingkat pengetahuan baik, penyediaan APD baik, pernah mengikuti pelatihan, dan pengawasan baik lebih banyak yang tidak menggunakan appron dan stewel dibandingkan pekerja dengan tingkat pengetahuan cukup, tidak pernah mengikuti pelatihan dan pengawasan cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik tingkat pengetahuan, penyediaan APD, pengawasan, dan pekerja yang pernah mengikuti pelatihan maka pekerja semakin tidak patuh menggunakan APD. Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah meningkatkan komitmen perusahaan terhadap K3 (pelatihan mengenai APD dan pengadaan APD khususnya apron dan stewel) serta pengawasan langsung dari pihak safety.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.24/18 Pus g
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, pengetahuan, penyediaan APD, pelatihan, pengawasan, pekerja pengelasan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
MARIA ASTRID PUSPASARI, 151511713044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:39
Last Modified: 01 Mar 2019 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item