MANAJEMEN RISIKO KREDIT DAN KETIDAKPATUHAN SYARIAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA (STUDI KASUS: BANK MUMALAT DAN BANK BNI SYARIAH DI SURABAYA)

Nisriina Hamdoen, 041411433030 (2019) MANAJEMEN RISIKO KREDIT DAN KETIDAKPATUHAN SYARIAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA (STUDI KASUS: BANK MUMALAT DAN BANK BNI SYARIAH DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FEB.EI. 03 19 Ham m.pdf

Download (160kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FEB.EI. 03 19 Ham m.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen risiko kredit dan ketidakpatuhan syariah pada produk pembiayaan multiguna. Penggunaan metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus.Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumentasi yang dilakukan dengan masing-masing 3 informan dari Bank Muamalat dan Bank BNI Syariah. Hasil dari penelitian ini adalah Bank Muamalat dan BNI Syariah dalam memanajemen risiko kredit adalah dengan cara memperkuat analisis calon nasabah, memperkecil atau mempanjang jangka waktu pembayaran, menggunakan asuransi untuk karyawan dengan menahan dana, dan menjual jaminan sebagai pilihan terakhir apabila nasabah tidak mampu membayar. Untuk risiko ketidakpatuhan syariah Bank Muamalat dan BNI Syariah memanajamen risiko dengan cara meminta nasabah untuk memberikan slip pembayaran atau bukti nota setelah akad dijalani, memberikan sosialisasi anti fraud kepada pegawai bank dari internal maupun eksternal, memeriksa kelengkapan persyaratan pembiayaan dengan menggunakan checklist kepatuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 03/19 Ham m
Uncontrolled Keywords: risiko, kredit, ketidakpatuhan syariah, manajamen risiko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Nisriina Hamdoen, 041411433030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoven Suprayogi, , S.E., M.Si., Ak,UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 08 Feb 2019 04:07
Last Modified: 08 Feb 2019 04:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item