HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DENGAN TABU SEARCH (TS) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP)

NANDA DWI SYAHPUTRA, 081411231018 (2019) HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DENGAN TABU SEARCH (TS) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
MPM. 10-19 Sya h.pdf
Restricted to Registered users only until 11 February 2022.

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
MPM. 10-19 Sya h Abstrak.pdf

Download (61kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) dengan menggunakan Hybrid Firefly Algorithm (FA) dengan Tabu Search (TS). Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) adalah suatu permasalahan penempatan fasilitas yang dibangun disebuah lokasi untuk melayani seluruh konsumen, dengan meminimalkan biaya pembangunan dan biaya pelayanan konsumen dengan kapasitas konsumen yang tidak terbatas. Firefly Algorithm terdapat proses pencarian solusi dipersekitaran solusi terbaik yang disebut local search, oleh karena itu memungkinkan solusi dapat terjebak pada minimum lokal. Tabu Search dapat digunakan untuk mencari solusi Uncapacitated Facility Location Problem yang sudah diproses dengan Firefly Algorithm agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Program Hybrid Firefly Algorithm (FA) dengan Tabu Search (TS) untuk menyelesaikan UFLP dibuat dengan menggunakan Borland C++ yang diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil dengan 15 customer dan 10 lokasi serta data besar dengan 50 customer dan 50 lokasi. Dari hasil running program diperoleh total biaya minimum untuk data berukuran kecil yaitu 143757 dan untuk data berukuran besar yaitu 835857. Semakin besar jumlah firefly, nilai alfa dan maksimum iterasi maka solusi yang diperoleh cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 10-19 Sya h
Uncontrolled Keywords: Tabu Search (TS), Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP), Firefly Algorithm (FA).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
NANDA DWI SYAHPUTRA, 081411231018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Feb 2019 04:36
Last Modified: 09 Feb 2019 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79949
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item