BATAS TANGGUNG GUGAT PELAKU USAHA ROKOK TERHADAP KERUGIAN AKIBAT MENGKONSUMSI ROKOK DI INDONESIA

HUTAMI PUSPITASARI, 031511133208 (2019) BATAS TANGGUNG GUGAT PELAKU USAHA ROKOK TERHADAP KERUGIAN AKIBAT MENGKONSUMSI ROKOK DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKB KK-2 FH 28-19 Pus b-min.pdf

Download (119kB)
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext KKB KK-2 FH 28-19 Pus b.pdf
Restricted to Registered users only until 11 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan adalah salah satu hak asasi manusia yang harus dijunjung tinggi oleh pemerintah untuk mencipatakan Negara yang sejahtera.Merokok sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging yang turun-temurun dari nenek moyang bangsa kita. Indonesia dikenal sebagai produsen terbesar di dunia dalam hal komoditas rokok dan berperan besar dalam perekonomian negara yaitu melalui pemasukan cukai, pajak rokok, serta penciptaan lapangan kerja. Namun di sisi lain produk rokok merupakan produk cacat yang memberikan dampak kerugian kesehatan konsumennya maupun bukan konsumennya, bahkan menyebabkan kematian dalam jumlah besar tiap tahunnya. Belum lagi pelaku usaha (Industri rokok) seringkali melakukan perbuatanperbuatan yang melanggar hak konsumennya yang diatur dalam pasal 4 Undangundang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) salah satunya yaitu tidak memberikan informasi yang jelas akan komposisi dan dampak bahaya dari merokok. Pada dasarnya perlindungan konsumen di Indonesia termaktub pada UUPK. Apabila hak konsumen dilanggar diatur dua alternatif penyelesaian sengketa konsumen menurut UUPK yaitu penyelesaian sengketa di dalam pengadilan dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Namun sampai saat ini di Indonesia masih menjadi perdebatan Industri rokok dapat digugat atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 28/19 Pus b
Uncontrolled Keywords: Pelaku usaha/ Konsumen; Kerugian dari rokok; Tanggung gugat; Perbuatan Melanggar Hukum.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
HUTAMI PUSPITASARI, 031511133208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGHANSHAM ANAND, Dr., S.H., M.KnUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:52
Last Modified: 11 Feb 2019 08:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item