PENGARUH VARIABEL SPESIFIK BANK DAN INDIKATOR MAKROEKONOMI TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE INDEX (FPI) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008-2017

FAUZIYAH DARAJATUN NISA, 041511433171 (2019) PENGARUH VARIABEL SPESIFIK BANK DAN INDIKATOR MAKROEKONOMI TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE INDEX (FPI) BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2008-2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FEB.EI. 05 19 Nis p.pdf

Download (113kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FEB.EI. 05 19 Nis p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Financial Performance Index (FPI) merupakan indeks yang menunjukkan kinerja keuangan Bank Umum Syariah berdasarkan rasio CAMELS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan variabel spesifik bank dan indikator makroekonomi terhadap Financial Performance Index (FPI) bank umum syariah periode 2008-2017. Pada penelitian ini variabel spesifik bank terdiri dari overhead, bank size, dana pihak ketiga, dan efisiensi operasi, sedangkan indikator makroekonomi terdiri dari produk domestik bruto dan BI rate. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling dan dari kriteria yang ditetapkan diperoleh 5 bank umum syariah di Indonesia sebagai subjek penelitian yang terdiri dari Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, Bank Syariah Bukopin dan Bank Mega Syariah . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel overhead dan bank size berpengaruh positif dan signifikan, variabel dana pihak ketiga berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan variabel efisiensi operasi, produk domestik bruto dan BI rate berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Financial Performance Index (FPI) bank umum syariah di Indonesia. Meskipun demikian, secara simultan variabel spesifik bank dan kondisi makroekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Performance Index (FPI) bank umum syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 05/19 Nis p
Uncontrolled Keywords: Variabel Spesifik Bank, Makroekonomi, Kinerja Keuangan Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB172.5 - Macroeconomics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
FAUZIYAH DARAJATUN NISA, 041511433171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLina Nugraha Rani, , S.E.,M.SEI,UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 11 Feb 2019 10:56
Last Modified: 11 Feb 2019 10:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item