ANALISIS PERBEDAAN PROFIL RISIKO BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM KONVENSIONAL SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI KESEPAKATAN BASEL II DI INDONESIA

REJEKI PUTRI RAHAYU, 041511433157 (2019) ANALISIS PERBEDAAN PROFIL RISIKO BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM KONVENSIONAL SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI KESEPAKATAN BASEL II DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FEB.EI. 06 19 Rah a.pdf

Download (121kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FEB.EI. 06 19 Rah a.pdf
Restricted to Registered users only until 11 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesepakatan Basel II merupakan kebijakan manajemen risiko dalam menghitung kebutuhan modal yang sesuai dengan profil risiko bank. Dikeluarkan oleh Basel for International Settlement (BIS) melalui komitenya Basel Committee on Banking Supervision (BCBS) pada tahun 2004 dan mulai diterapkan di Indonesia pada tahun 2008 Kerangka Basel II diterapkan secara umum kepada seluruh bank yang ada di dunia. Penelitian ini menganalisis perbedaan profil risiko Kesepakatan Basel II pada Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional yang di proyeksikan dengan rasio keuangan yang berkaitan dengan risiko kredit (NPF dan NPL), risiko pasar (NIM dan NI), risiko operasional (BOPO) dan risiko tambahan yaitu risiko kebangkrutan (Z-Score) periode sebelum dan sesudah Implementasi. Berdasarkan hasil Penelitian dari Uji Beda Dua Sampel menunjukkan profil risiko dalam Kesepakatan Basel II pada dasarnya memiliki perbedaan yang signifikan, khususnya pada periode tahun 2006 sampai tahun 2013. Pada periode sebelum dan sesudah implementasi menunjukkan bahwa Kesepakatan Basel II telah membuat Bank Umum Syariah lebih berisiko daripada Bank Umum konvensional khususnya pada risiko kredit dan risiko kebangkrutan. Implementasi Kesepakatan Basel II ternyata memberikan dampak yang baik pada stabilitas perbankan di Indonesia pada saat mengalami krisis global. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menurut Kodifikasi Tingkat Kesehatan Perbankan yang di keluarkan oleh Bank Indonesia Implementasi Kesepakatan Basel II telah berhasil menjaga rasio-rasio keuangan yang memproyeksikan risiko pada Perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 06/19 Rah a
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Basel II, Kesehatan Perbankan, Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
REJEKI PUTRI RAHAYU, 041511433157UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLina Nugraha Rani, , S.E,. M.SEI.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 11 Feb 2019 11:03
Last Modified: 11 Feb 2019 11:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item