KEBIJAKAN INDONESIA BERBAGI DATA VESSEL MONITORING SYSTEM (VMS) DENGAN GLOBAL FISHING WATCH

PRESYA RAMADHAN, 071614553011 (2018) KEBIJAKAN INDONESIA BERBAGI DATA VESSEL MONITORING SYSTEM (VMS) DENGAN GLOBAL FISHING WATCH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_THI.04 18 Ram k.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_THI.04 18 Ram k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_THI.04 18 Ram k.pdf

Download (79kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menelaah kebijakan perikanan Indonesia, yaitu keputusan Indonesia untuk berbagi data Vessel Monitoring System (VMS) dengan Global Fishing Watch (GFW). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan mengambil pandangan global governance, collective legitimization, dan rationalist approach of international regimes. Argumen yang dihadirkan yaitu kepentingan Indonesia berbagi data VMS dengan GFW adalah untuk meningkatkan legitimasi Indonesia di mata internasional dengan tujuan agar aktivitas Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IUUF) masuk dalam transnational organized crime (TOC). Penelitian ini dimulai dengan memaparkan masalah IUUF di Indonesia yang mengurai perihal gambaran IUUF di Indonesia, IUUF sebagai ancaman keamanan Indonesia, kontribusi perikanan terhadap ekonomi Indonesia, hingga upaya Indonesia mengatasi IUUF. Penelitian ini berlanjut pada upaya identifikasi aktor-aktor yang terlibat yaitu GFW serta teknologi yang digunakan yaitu Automatic Identification System (AIS) dan VMS. Pada pembahasan selanjutnya, tesis ini menguraikan analisa mengenai kepentingan Indonesia melalui kerja sama antara Indonesia dan GFW, GFW sebagai agen legitimasi serta keinginan membentuk rezim transparansi perikanan oleh Indonesia. Pada akhirnya tesis ini menyajikan konfirmasi argumen bahwa Indonesia menggunakan GFW sebagai agen untuk melegitimasi kebijakan Indonesia yaitu kebijakan untuk berbagi data VMS dengan GFW. Dengan menggunakan GFW, Indonesia berupaya menetapkan standar transparansi perikanan internasional agar aktivitas IUUF masuk dalam kategori TOC.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.04/18 Ram k
Uncontrolled Keywords: vessel monitoring system, global fishing watch, Indonesia, illegal, unreported and unregulated fishing, transnational organized crime.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
PRESYA RAMADHAN, 071614553011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVinsensio Marselino Arifin Dugis, Drs., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rokhmawati Susanto, Dr., Phil., S.IP., MIR.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:29
Last Modified: 12 Feb 2019 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80021
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item