KONFLIK MASYARAKAT PERBATASAN INDONESIA DAN TIMOR LESTE DALAM PENDEKATAN NON-TRADISIONAL (Studi Kasus Batas Darat antara Kecamatan Bikomi Nilulat dan Sub-Distrik Passabe)

YOSEF SERANO KORBAFFO, 071614553017 (2018) KONFLIK MASYARAKAT PERBATASAN INDONESIA DAN TIMOR LESTE DALAM PENDEKATAN NON-TRADISIONAL (Studi Kasus Batas Darat antara Kecamatan Bikomi Nilulat dan Sub-Distrik Passabe). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_THI.10 18 Kor k.pdf

Download (121kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_THI.10 18 Kor k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_THI.10 18 Kor k.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak Timor Leste terpisah dari Indonesia, keduanya telah banyak bekerjasama menyelesaikan masalah demarkasi wilayah di titik un-surveyed segment yang menjadi batas antara kecamatan Bikomi Nilulat dan sub-distrik Passabe. Kerjasama dimaksud menghasilkan kesepakatan bahwa lahan di titik tersebut merupakan bagian dari teritori Timor Leste, sebagaimana yang tertuang dalam Provicional Agreement tahun 2005. Pada tahun 2013 pemerintah Indonesia menerbitkan Peta Annex B1 dengan tidak mengakomodasi lahan di titik tersebut sebagai bagian dari teritori Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menggunakan metode fenomenologi dan teori soft border, tulisan ini berpendapat bahwa makna perbatasan bagi masyarakat kecamatan Bikomi Nilulat erat kaitannya dengan dimensi budaya, khususnya kearifan lokal masyarakat suku Atoni Meto. Logika ini berbeda dengan pemahaman Westphalia yang memandang perbatasan negara hanya dari segi fisik-teritorialitas semata. Pemahaman ini menjadi alasan masyarakat kecamatan Bikomi Nilulat menolak hasil kesepakatan kedua negara dan tetap mengklaim kepemilikan lahan di titik tersebut hingga memicu konflik dengan masyarakat sub-distrik Passabe.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.10/18 Kor k
Uncontrolled Keywords: konflik perbatasan, Indonesia-Timor Leste, kearifan lokal, Bikomi Nilulat, unsurveyed segment
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General) > AS2.5-4 International associations, congresses, conferences, etc.
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
YOSEF SERANO KORBAFFO, 071614553017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVinsensio Marselino Arifin Dugis, Drs., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, S.IP., MSi., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:15
Last Modified: 13 Feb 2019 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item