PENGHINDARAN PAJAK OLEH PERUSAHAAN ASING PENYEDIA LAYANAN APLIKASI DAN KONTEN BERBASIS INTERNET SEBAGAI WAJIB PAJAK BENTUK USAHA TETAP

TSAMARA PROBO NINGRUM, 031511133018 (2019) PENGHINDARAN PAJAK OLEH PERUSAHAAN ASING PENYEDIA LAYANAN APLIKASI DAN KONTEN BERBASIS INTERNET SEBAGAI WAJIB PAJAK BENTUK USAHA TETAP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FH 105 19 Nin p.pdf

Download (116kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FH 105 19 Nin p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pendapatan negara, Indonesia berharap di era saat ini terdapat berbagai macam jenis perusahaan asing seperti perusahaan asing penyedia layanan aplikasi dan konten berbasis internet (Over The Top) yang banyak beroperasi dan mendapatkan berbagai keuntungan di wilayah negara Indonesia dengan ketentuan wajib menjadi Bentuk Usaha Tetap di Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual serta pendekatan kasus untuk mengkaji permasalahan hukum yang ada didasarkan pada peraturan-peraturan yang berlaku di Negara Indonesia. Sumber data dari penulisan ini sepenuhnya berasal dari riset kepustakaan terhadap bukubuku, makalah, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan hukum administrasi dan hukum pajak. Melalui penulisan ini, penulis akan membahas seputar pajak bentuk usaha tetap terhdap perusahaan asing penyedia layanan aplikasi dan konten berbasis internet mulai dari karakteristik dari perusahaan asing penyedia layanan aplikasi dan konten internet sebagai wajib pajak bentuk usaha tetap, kewenangan pemungutan pajak, dan prosedur pemungutan pajak. Selain itu, penulis akan menganalisis permasalahan hukum terkait penghindaran pajak perusahaan asing penyedia layanan aplikasi dan konten internet dan upaya penegakan hukum atas penghindaran pajak tersebut. Berdasarkan upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak berwenang, maka diharapkan mampu menurunkan tingkat penghindaran pajak tersebut. Pada bagian akhir, penulis akan memberikan kesimpulan dan saran berdasarkan permasalahan yang telah dibahas atau di analisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 105/19 Nin p
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak, Perusahaan Asing Penyedia Layanan Aplikasi dan Konten Berbasis Internet, Bentuk Usaha Tetap.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2321-2323 Tax incidence. Tax shifting. Tax equity
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
TSAMARA PROBO NINGRUM, 031511133018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDeddy Sutrisno, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:34
Last Modified: 13 Feb 2019 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item