PENGGUNAAN HIGH BANDWIDTH DAN ENCODING DIRECTION SEBAGAI SOLUSI PENGURANGAN BLACK BOUNDARY ARTIFACT PADA CITRA HASIL PEMERIKSAAN MRI ABDOMEN

Riris Prihatin, 081411331031 (2019) PENGGUNAAN HIGH BANDWIDTH DAN ENCODING DIRECTION SEBAGAI SOLUSI PENGURANGAN BLACK BOUNDARY ARTIFACT PADA CITRA HASIL PEMERIKSAAN MRI ABDOMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak MPF 12 19 Pri p.pdf

Download (52kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext MPF 12 19 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan High Bandwidth dan Encoding Direction sebagai solusi pengurangan Black Boundary Artifact pada Citra Hasil Pemeriksaan MRI Abdomen”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai optimal Bandwidth dan arah Encoding Direction untuk mengurangi Black Boundary Artifact. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi Brain Clinic Surabaya dengan menggunakan Pesawat MRI 1,5 Tesla. Penelitian ini menggunakan variasi Bandwidth 83 Hz/Px dan 250 Hz/Px serta menggunakan variasi Encoding Direction AP dan RL pada 5 pasien. Analisa data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode Region of Interest (ROI) pada komputer MRI kemudian dilakukan analisis Signal to Noise Ratio (SNR) serta analisis terhadap Black Boundary Artifact. Variasi Bandwidth berpengaruh signifikan terhadap nilai SNR dan Sinyal Black Boundary Artifact sedangkan variasi Encoding Direction tidak memberikan pengaruh. Pengaruh variasi Bandwidth adalah semakin tinggi Bandwidth maka nilai SNR pada jaringan semakin tinggi dan pada Black Boundary Artifact semakin menurun. Kualitas citra yang dapat menghasilkan keadaan patologis ditentukan dengan menurunya nilai artefak. Sehingga pada penelitian ini kombinasi antara 2 variabel yang dapat menentukan citra optimal adalah Bandwidth pada nilai optimal 250 Hz/Px.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 12/19 Pri p
Uncontrolled Keywords: Bandwidth, Artifacts, MRI Abdomen
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Riris Prihatin, 081411331031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr. IrUNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Muzzamil, S. ST, M. T,UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:33
Last Modified: 19 Feb 2019 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item