PERTANGGUNGJAWABAN PARTAI POLITIK DALAM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG

LOLITA FITRIYANA, 031511133108 (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PARTAI POLITIK DALAM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FH 107 19 Fit p.pdf

Download (179kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FH 107 19 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindak Pidana Pencucian Uang merupakan kejahatan yang serius. Kejahatan ini terjadi dalam beberapa yurisdiksi yang membuatnya termasuk dalam kejahatan transnasional. Dampak yang disebabkan dapat merugikan keuangan negara dan perekonomian negara. Tindak Pidana Pencucian Uang banyak terjadi karena terdapat kejahatan awal, seperti kejahatan Tindak Pidana Narkotika, Perdagangan Orang, Terorisme, Cukai, Penipuan, Korupsi, dll. Kejahatan yang sering terjadi dalam Tindak Pidana Pencucian Uang yang merupakan tindak asal dari Tindak Pidana Korupsi. Korupsi merupakan perbuatan menguntungkan diri sendiri dengan menyimpan, memberi, menguasai, memberikan janji. Korupsi yang kerap dilakukan penyelenggara negara terutama yang juga anggota dari Partai Politik. Hal ini didasari karena banyaknya biaya politik yang tidak sebanding dengan pendapatan yang didapat. Sedangkan uang yang digunakan untuk membiayai keikutsertaanya dalam dunia politik bukan selalu uang milik pribadi, bisa saja berasal dari utang untuk mendukungnya maju dalam pencalonan sebagai eksekutif dan legislatif. Biasanya uang hasil korupsi di tempatkan atau dialokasikan sebagian ke Partai Politik. Partai Politik sebagai tempat penyimpanan dari uang hasil korupsi ini dapat dikenakan pertanggungjawaban pidana. Mengingat Partai Politik merupakan Korporasi yang berbentuk badan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 107/19 Fit p
Uncontrolled Keywords: Pencucian Uang, Partai Politik, Korupsi, Pertanggungjawaban Pidana.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
LOLITA FITRIYANA, 031511133108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorToetik Rahayuningsih, Dr. , S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:20
Last Modified: 14 Feb 2019 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item