PENERAPAN SMART CONTRACT DALAM ASURANSI PERTANIAN DI INDONESIA

BIMA DANUBRATA ADHIJOSO, 031511133163 (2019) PENERAPAN SMART CONTRACT DALAM ASURANSI PERTANIAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FH. 55-19 Adh p Abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text (Fulltext)
FH. 55-19 Adh p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan smart contract pada asuransi pertanian di awal tahun 2018 menghasilkan sebuah generasi asuransi pertanian yang mampu memproses pencairan klaim ganti rugi asuransi pertanian secara lebih cepat dan efektif. Penerapannya pada sistem asuransi pertanian nasional telah dikaji oleh banyak negara berkembang, termasuk Indonesia. Dengan diterapkannya smart contract dalam sistem asuransi pertanian di Indonesia, penyelesaian klaim asuransi pertanian yang semula berliku dapat dipersingkat dan dipercepat secara signifikan melalui karakteristik smart contract yang mampu mengeksekusi kontrak secara otomatis. Akan tetapi, dalam konstruksi hukum kontrak dan hukum asuransi di Indonesia, pengaturan mengenai penggunaan smart contract masih belum dapat ditemui. Lebih lanjut lagi, bentuk tanggung gugat perusahaan asuransi pertanian melalui smart contract juga perlu dianalisis lebih lanjut utuk menjawab mekanisme tanggung gugat yang sesuai guna perlindungan Tertanggung asuransi pertanian. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan tipe penelitian yuridis normatif dengan pendekatan melalui peraturan perundang-undangan, pendekatan konsep, serta pendekatan kasus. Penelitian ini berkesimpulan bahwa smart contract dapat diterapkan secara legal di Indonesia mengingat adanya asas kebebasan berkontrak dan adanya mandat dari peraturan perundang-undangan berkaitan dengan asuransi pertanian di Indonesia yang mendorong pengembangan teknologi informasi guna mempermudah akses dan klaim asuransi di Indonesia. Lebih lanjut lagi, dalam penentuan bentuk tanggung gugat terhadap perusahaan asuransi pertanian melalui smart contract, dasar tanggung gugat mutlak dan vicarious liability dapat digunakan menimbang posisi perusahaan asuransi pertanian sebagai prinsipal dari pengembangan smart contract tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 55-19 Adh p
Uncontrolled Keywords: Legalitas; Tanggung Gugat; Perlindungan Hukum; Smart Contract; Asuransi Pertanian
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1241-1287 Insurance
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
BIMA DANUBRATA ADHIJOSO, 031511133163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIntan Inayatun Soeparna, Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:20
Last Modified: 15 Feb 2019 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item