ANALISIS KESESUAIAN SYARIAH AKAD MURABAHAH DAN AL-BAI’ AL-BITSAMANIL AJIL PADA PRODUK PEMBIAYAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI KASUS BMT PAHLAWAN DAN BMT MUAMALAH)

IKE NOFITA NUROHMAH, 041511433008 (2019) ANALISIS KESESUAIAN SYARIAH AKAD MURABAHAH DAN AL-BAI’ AL-BITSAMANIL AJIL PADA PRODUK PEMBIAYAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI KASUS BMT PAHLAWAN DAN BMT MUAMALAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FEB EI 29-19 Nur a-Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 29-19 Nur a.pdf
Restricted to Registered users only until 15 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian syariah akad murabahah dan al-bai’ al-bitsamanil ajil pada produk pembiayaan Baitul Maal wat Tamwil Kabupaten Tulungagung. Hal-hal yang perlu ditinjau dalam praktik akad murabahah dan al-bai’ al-bitsamanil ajil ini disesuaikan dengan poin-poin yang ada pada Fatwa DSN-MUI tentang pembiayaan murabahah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus secara deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah BMT Pahlawan dan Muamalah. Dengan melakukan wawancara kepada masing-masing BMT empat responden yang terdiri dua bagian internal BMT dan dua orang nasabah pembiayaan. Setelah dilakukan wawancara hasil penelitian dianalisis menggunakan penjodohan pola untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwasanya operasional akad murabahah dan al-bai’ al-bitsamanil ajil pada produk pembiayaan di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSNMUI yakni terkait pembelian barang. Namun hal tersebut masih menjadi toleransi karena keterbatasan BMT untuk melakukan pembelian barang yang kemudian berlaku kaidah Al-hajatu tunazzilu manzilata al-dharurah yaitu hajat atau kebutuhan dapat menempati posisi darurat sehingga sistem pembelian barang tersebut diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 29/ 19 Nur a
Uncontrolled Keywords: Sharia Compliance, Murabaha, Bai Bithaman Ajil, DSN-MUI, BMT Pahlawan, BMT Muamalah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
IKE NOFITA NUROHMAH, 041511433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrham Zaki, Dr.,S. Ag., MEIUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Feb 2019 05:14
Last Modified: 15 Feb 2019 05:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item