PERAN BANK SAMPAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI NASABAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA BANK SAMPAH INDUK SURABAYA)

AHMAD THORIQ ALFARISYI, 041211433078 (2019) PERAN BANK SAMPAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI NASABAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA BANK SAMPAH INDUK SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FEB EI 31-19 Alf p-Abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 31-19 Alf p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bank sampah induk Surabaya dalam pemberdayaan ekonomi nasabah ditinjau dari perspektif islam. Dilihat dari peningkatan pemberdayaan nasabah secara maddi (materi) dan ma’nawi (non materi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi kepada informan yaitu, satu petugas di bank sampah induk Surabaya dan empat nasabah bank sampah induk Surabaya yang juga sebagai ketua di bank sampah unit. Hasil penelitian yang didapat dari beberapa informan nasabah menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, peningkatan pendapatan, peningkatan kemandirian, dan peningkatan amal jariyah serta peningkatan keamanan kebersihan lingkungan setelah bergabung menjadi nasabah bank sampah induk Surabaya. Peran bank sampah induk Surabaya secara maddi (materi), yaitu mengelola dan memilah sampah sendiri untuk dijadikan sebuah barang yang bernilai ekonomis, sehingga mampu meningkatkan perekonomian nasabahnya secara kelompok maupun individu. Adapun secara ma’nawi (non materi), yaitu dengan terjaganya keamanan kebersihan lingkungan, dampak yang paling dirasakan adalah jumlah sampah menjadi berkurang karena masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan; selain itu dengan menabung di bank sampah berdampak meningkatkan pendapatan nasabah, sehingga amal jariyah nasabah juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 31/ 19 Alf p
Uncontrolled Keywords: Role of Waste Bank, Empowerment in Islamic Perspective, Economy of Natural and Environmental Resources, Customer Welfare.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD THORIQ ALFARISYI, 041211433078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Qudsi Fauzi, Drs., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Feb 2019 05:49
Last Modified: 15 Feb 2019 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item