PELANGGARAN KODE ETIK NOTARIS TERKAIT PERSAINGAN TIDAK SEHAT SESAMA REKAN NOTARIS DITINJAU DARI PERATURAN KODE ETIK IKATAN NOTARIS INDONESIA (I.N.I)

FELISA HARYATI, S.H, 031614253051 (2019) PELANGGARAN KODE ETIK NOTARIS TERKAIT PERSAINGAN TIDAK SEHAT SESAMA REKAN NOTARIS DITINJAU DARI PERATURAN KODE ETIK IKATAN NOTARIS INDONESIA (I.N.I). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 February 2022.

Download (618kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pelanggaran kode etik notaris terkait persaingan tidak sehat antar sesama rekan notaris di tinjau dari peraturan kode etik Ikatan Notaris Indonesia. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan yang diajukan, dilakukan penelitian yang berbentuk yuridis normatif dengan metode pendekatan perundangundangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebutuhan hukum dalam masyarakat dapat dilihat dengan semakin banyaknya bentuk perjanjian yang dituangkan dalam suatu akta notaris, dimana notaris merupakan salah satu pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam undang-undang. Notaris sebagai salah satu profesi hukum harus menjalankan jabatannya sesuai dengan Undang-undang dan Kode Etik. Semakin pesatnya perkembangan zaman, persaingan yang terjadi antar sesama rekan notaris mendorong para notaris untuk melakukan segala cara dalam mendapatkan klien. Termasuk dalam hal tersebut adanya perbuatan curang yang dilakukan oleh para notaris. Persaingan tidak sehat tersebut seperti, tidak saling menghormatinya antar sesama notaris, mengkritik atau menyalahkan akta-akta yang dibuat oleh notaris lain, membujuk-bujuk atau dengan cara apapun memaksa klien membuat akta padanya, atau membujuk-bujuk seseorang agar pindah dari notaris lain. Jika hal itu tetap dilakukan juga dapat merugikan klien karena hal tersebut melanggar Undang-undang dan Kode Etik Notaris.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 12/19 Har p
Uncontrolled Keywords: Violation of Notary Code of Ethics, Unfair Competition Notary
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
FELISA HARYATI, S.H, 031614253051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.Hadi Shubhan, Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2019 05:28
Last Modified: 18 Feb 2019 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item