PENYALAHGUNAAN SENJATA API PELAKU MILITER DAN PELAKU SIPIL

KANSA AHSANI MAF’ULA, 031511133131 (2019) PENYALAHGUNAAN SENJATA API PELAKU MILITER DAN PELAKU SIPIL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FH.97-19 Maf p ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FH.97-19 Maf p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan mengenai penyalahgunaan senjata api yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat. Senjata api merupakan benda penting bagi anggota kepolisian juga anggota militer yang digunakan untuk menjaga keamanan Indonesia. Namun dalam kenyataannya, senjata api tersebut disalahgunakan oleh banyak pihak, termasuk pihak militer bahkan masyarakat sipil. Masyarakat sipil memang diperbolehkan untuk memiliki senjata api, namun harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh undang-undang untuk mendapatkan izin kepemilikan. Dalam penelitian ini dijelaskan mengenai penyalahgunaan senjata api yang dilakukan oleh anggota militer dan masyarakat sipil dalam satu rangka kejadian. Pada umumnya, tindak pidana yang dilakukan oleh masyarakat sipil yang tunduk dengan lingkungan peradilan umum dan anggota militer yang tunduk pada peradilan militer, diperiksa secara koneksitas. Metode penelitian yang digunakan adalah doctrinal research atau yuridis normatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan kasus (case approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Dalam penelitian ini digunakan tiga putusan pengadilan dengan kasus yang sama, namun dengan pelaku yang tunduk pada lingkungan peradilan yang berbeda. Dimana salah satunya merupakan anggota militer yang tunduk pada peradilan militer, dan yang lainnya adalah masyarakat sipil yang tunduk pada peradilan umum. Penyalahgunaan senjata api oleh warga sipil terkait dengan izin kepemilikan, jadi harus lebih ketat. Kemudian untuk anggota militer, perlunya penegakan disiplin yang lebih baik lagi dan juga pemahaman bagi anggota militer. Selain itu perlunya penegakan undang-undang mengenai perkara koneksitas agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.97/19 Maf p
Uncontrolled Keywords: The Misuse of Firearm, Military, Civilian
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7435-7439 Gun control
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
KANSA AHSANI MAF’ULA, 031511133131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Suheryadi, Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:27
Last Modified: 19 Feb 2019 04:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item