PENGARUH EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Christm. Swingle) TERHADAP PROLIFERASI OSTEOBLAS DAN PEMBENTUKAN MATRIKS - TRABEKULA TULANG PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR (Penelitian Eksperimental Laboratoris Pada Tikus Wistar)

THOMAS REYNALDI WINANTO, 021511133011 (2018) PENGARUH EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Christm. Swingle) TERHADAP PROLIFERASI OSTEOBLAS DAN PEMBENTUKAN MATRIKS - TRABEKULA TULANG PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR (Penelitian Eksperimental Laboratoris Pada Tikus Wistar). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
KG. 67-19 Win p Abstrak.pdf

Download (535kB)
[img] Text (Fulltext)
KG. 67-19 Win p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tindakan pencabutan gigi merupakan tindakan pembedahan yang dapat menimbulkan luka atau trauma dan perdarahan pada jaringan rongga mulut. Apabila terjadi suatu luka pada tubuh, maka tubuh memiliki respon fisiologis terhadap luka tersebut, yaitu proses penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka akan dimulai ketika suatu jejas timbul. Proses penyembuhan ini terdiri dari beberapa tahap yang melibatkan peran sel darah, jaringan, sitokin, dan faktor-faktor pertumbuhan. Pada dasarnya, proses penyembuhan luka meliputi empat fase, yaitu fase hemostasis, fase inflamasi, fase proliferasi, dan fase remodeling. Dari beberapa tahapan penyembuhan luka pasca pencabutan gigi, penyembuhan tulang pada soket yang terbentuk pasca pencabutan dapat terjadi karena aktivitas osteoblas. Penyembuhan tulang pada soket merupakan hal yang penting karena untuk mengembalikan morfologi serta fungsi tulang menjadi normal. Penggunaan bahan alami dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Kulit jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin dimana bahan tersebut memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka. Tujuan: Mengamati pengaruh ekstrak kulit jeruk nipis terhadap proliferasi osteoblas, pembentukan matriks dan trabekula tulang pada soket pencabutan gigi tikus wistar. Metode: 24 ekor tikus wistar dibagi menjadi 4 kelompok; 2 kelompok kontrol dan 2 kelompok perlakuan. Ekstrak kulit jeruk nipis 50% diberikan pada kelompok perlakuan. Jumlah osteoblas dihitung secara statistik menggunakan independent T-test sedangkan pembentukan matriks dan trabekula tulang menggunakan Mann-Whitney test. Hasil: Terdapat perbedaan jumlah osteoblas, pembentukan matriks dan trabekula tulang yang signifikan pada soket pencabutan gigi tikus wistar hari ketujuh (p = 0.000; p < α = 0.05) untuk osteoblas (p = 0.004; p < α = 0.05) untuk matriks dan trabekula tulang, hari keempat belas (p = 0.000; p < α = 0.05) untuk osteoblas (p = 0.016; p < α = 0.05) untuk matriks dan trabekula tulang. Kesimpulan: Gel ekstrak kulit jeruk nipis 50% dapat meningkatkan proliferasi osteoblas, pembentukan matriks dan trabekula tulang pada penyembuhan luka soket pencabutan gigi tikus wistar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 67-19 Win p
Uncontrolled Keywords: Pencabutan gigi, penyembuhan luka, osteoblas, matriks tulang, kulit jeruk nipis
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
THOMAS REYNALDI WINANTO, 021511133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDavid B. Kamadjaja, Dr., drg., MDS., Sp. BM (K)UNSPECIFIED
ContributorIndra Mulyawan, drg., Sp. BMUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Feb 2019 07:19
Last Modified: 19 Feb 2019 07:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item