PENGARUH ACADEMIC ACHIEVEMENT, LOCUS OF CONTROL DAN LEARNING EXPERIENCE TERHADAP SELF EFFICACY UNTUK BERKARIR PADA MAHASISWA S1 MANAJEMEN ANGKATAN TAHUN 2006 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Rizky Pramita Susanti, 040510062 (2010) PENGARUH ACADEMIC ACHIEVEMENT, LOCUS OF CONTROL DAN LEARNING EXPERIENCE TERHADAP SELF EFFICACY UNTUK BERKARIR PADA MAHASISWA S1 MANAJEMEN ANGKATAN TAHUN 2006 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-susantiriz-15833-b26210-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-susantiriz-13201-b26210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia pendidikan mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan diberbagai bidang. Hal ini menuntut pelaku pendidikan untuk menyiapkan sumber daya- sumber daya manusia yang cerdas dan cermat dalam mengahadapi situasi yang dinamis seperti saat ini. Melalui SDM yang berkualitas dapat diciptakan sebuah mekanisme yang dapat membantu kelangsungan kehidupan sehari-hari. Keberhasilan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dalam memenuhi permintaan pasar kerja ditentukan oleh mahasiswa yang bersangkutan, dan tentu saja lembaga tinggi memiliki peran sebagai fasilitator pendidikan. Keyakinan seseorang mengenai peluangnya untuk berhasil disebut self efficacy. Keyakinan seseorang bahwa dirinya akan mampu meraih apa yang diinginkan sangat terkait dengan locus of control, suatu pencapaian yang telah didapatkan (academic achievement) serta pengalaman pembelajaran yang pernah dialami (learning experience). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial variabel academic achievement, locus of control dan learning experience terhadap self efficacy untuk berkarier pada mahasiswa S1 Manajemen angkatan tahun 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Jurusan Manajemen Angkatan 2006 yang berjumlah 264 mahasiswa. Jumlah sampel yang dibutuhkan 73 responden, namun untuk menghindari kesalahan dalam pengolahan data maka sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda,dan persamaan regresi dalam penelitian ini adalah: Y = -0,327 + 0,300 X1 + 0,358 X2 + 0,394 X3 Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh variabel academic achievement, locus of control dan learning experience secara bersama-sama terhadap self efficacy dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Terdapat pengaruh variabel academic achievement, locus of control dan learning experience secara parsial terhadap self efficacy dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Nilai dari koefisien determinasi dari hasil perhitungan sebesar 0,790. Hal ini berarti 79% perubahan variabel terikat mampu dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang dimasukkan dalam model, sedangkan sisanya 21% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model (faktor galat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKb KK-2 B 262/10 Sus p
Uncontrolled Keywords: academic achievement, locus of control, learning experience dan self efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2381-2391 Academic degrees
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Rizky Pramita Susanti, 040510062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Sulasmi, Dr., Psi., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 04 Sep 2016 10:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item