JUMLAH SEL MAKROFAG DAN EKSPRESI IFN-ɣ PADA UJI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV SETELAH APLIKASI TOPIKAL ESSENTIAL OIL KULIT BUAHCitrus limon L.

HASRUL HUSAIN, 021618026304 (2019) JUMLAH SEL MAKROFAG DAN EKSPRESI IFN-ɣ PADA UJI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV SETELAH APLIKASI TOPIKAL ESSENTIAL OIL KULIT BUAHCitrus limon L. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.IPM. 01-19 Hus j Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.IPM. 01-19 Hus j.pdf
Restricted to Registered users only until 21 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Essential oil buah Citrus limon L. mempunyai sifat antiIFNamasi dan dapat digunakan sebagai obat alternative untuk penyembuhan ulser. Setiap bahan yang akan digunakan sebagai obat harus melalui tahap uji biokompatibilitas untuk menilai apakah bahan tersebut tidak menimbulkan efek merugikan bagi tubuh. Salah satu uji biokompatibilitas menurut Food and Drug Administration (FDA) dan The International Organization for Standardization (ISO) yang dapat dilakukan untuk menilai tingkat keamanan suatu bahan yang diaplikasikan topikal adalah tes sensitisasi dengan melihat potensi bahan dalam menimbulkan reaksi hipersensitivitas tipe IV yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sel makrofag dan ekspresi IFN-ɣ Tujuan : Penelitian ini bertujuan membuktikan potensi essential oil buah Citrus limon L. dalam menimbulkan reaksi hipersensitivitas tipe IV. Metode : Penelitian ini merupakan eksperimental laboratoris dengan metode rancangan Post Test Only Control Group Design dengan teknik simple random sampling. 20 marmut (Cavia cobaya) dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan disensitasi dengan essential oil buah Citrus limon L. dan kelompok kontrol tanpa dilakukan sensitisasi. Semua kelompok baik perlakuan dan kontrol diperiksa jumlah sel makrofag dan ekspresi IFN-ɣ pada hari ke-24. Hasil : Jumlah sel makrofag dan ekspresi IFN-ɣ meningkat signifikan secara statistik pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Karena tidak terdapat perubahan secara klinis maka diperiksa ekspresi IL-10 dan diperoleh peningkatan yang signifikan pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan : Essential oil buah Citrus limon L. berpotensi dapat menimbulkan reaksi hipersensitivitas tipe IV yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sel makrofag dan ekspresi IFN-ɣ. Tidak tampak perubahan klinis karena ditemukan peningkatan ekspresi IL-10

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.IPM. 01-19 Hus j
Uncontrolled Keywords: Essential oil, hipersensitivitas tipe IV, makrofag, IFN-ɣ, IL-10
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Oral Medicine
Creators:
CreatorsNIM
HASRUL HUSAIN, 021618026304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Tuti Hendarti, drg., M.S., Sp.PM (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorPriyo Hadi, drg., M.S., Sp.PM (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Feb 2019 09:30
Last Modified: 21 Feb 2019 09:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item