PERLINDUNGAN HAK CIPTA ATAS STREAMING LAGU DALAM “JOOX”

RETNO PURBAWATI, 031511133050 (2019) PERLINDUNGAN HAK CIPTA ATAS STREAMING LAGU DALAM “JOOX”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FH.87-19 Pur p ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FH.87-19 Pur p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak cipta merupakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pencipta karya untuk melindungi keaslian karya dari seorang pencipta atau penerima hak melaksanakan hak ekonominya. Perlindungan hak cipta dibutuhkan supaya karya cipta lagu terhidar dari penyiaran, pameran, penjualan, pengedaran, serta penyebaran hasil karya dengan cara apapun oleh pihak yang tidak bertangung jawab. Terutama pada aplikasi streaming “JOOX” yang rentan sekali terhadap pelanggaran hak cipta, sehingga perlu diadakannya penelitian tentang pelanggaran hak cipta dan tanggung gugat dari penyedia layanan streaming “JOOX”. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kriteria pelanggaran yang terjadi pada layanan musik ini serta dapat mengetahui tanggung gugat penyedia layanan steaming “JOOX”. Proses mengetahui tanggung gugat penyedia layanan streaming ini menggunakan dua metode yaitu dengan tanggung gugat secara perdata yang telah diatur dalam Pasal 96 UU Hak Cipta yang memuat sebagai pemegang hak cipta yang mengalami kerugian hak ekonomi berhak memperoleh ganti rugi, dan tanggung gugat secara pidana yang telah diatur dalam Pasal 120 UU Hak Cipta yang menyebutkan bahwa tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam undang undang tentang hak cipta merupakan delik aduan. Penelitian ini memberikan jawaban bahwa pada Term of Service JOOX terdapat beberapa pelanggaran hak cipta yang terdiri dari pengumuman daftar lagu, menyediakan fasilitas untuk berkaraoke layanan untuk mengunduh (download), dan layanan untuk berbagi (sharing). Hal tersebut dilakukan supaya pencipta atau pemegang hak cipta dapat mengajukan gugatan terhadap pihak penyedia layanan streaming “JOOX” apabila merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.87/19 Pur p
Uncontrolled Keywords: Copyright, JOOX Streaming Application, Civil, Criminal, Sharing Service, Liability.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RETNO PURBAWATI, 031511133050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Sujatmiko, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Feb 2019 05:17
Last Modified: 20 Feb 2019 05:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item