FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN DAN KEKALAHAN PETAHANA Studi Tentang Pilkada Empat Provinsi di Indonesia 2012-2013

Agus Machfud Fauzi, 091170405 (2018) FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN DAN KEKALAHAN PETAHANA Studi Tentang Pilkada Empat Provinsi di Indonesia 2012-2013. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Dis.S.12 18 Fau f.pdf

Download (126kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Dis.S.12 18 Fau f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Dis.S.12 18 Fau f.pdf

Download (295kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya ingin mengungkap masalah tentang bagaimana seorang petahana mempertahankan kepemimpinannya dalam merespon pelaksanaan Pilkada di Indonesia pada tahun 2012 dan 2013. Pelaksanaan Pilkada menghasilkan dua hal yaitu sebagian mendapatkan kemenangan dan sebagian lagi mendapatkan kekalahan. Begitu juga sebaliknya mengapa seorang petahana bisa memperoleh kekalahan padahal lima tahun sebelumnya dia bisa memperoleh kemenangan Pilkada. Petahana mempunyai kelebihan dibanding dengan calon penantang, sebab selama lima tahun dia memimpin sebagai gubernur. Petahana sudah melakukan kampanye tidak resmi selama itu, sebab setiap hari sang petahana bertemu dengan rakyatnya baik secara langsung atau tidak langsung dengan tampilnya di berbagai media cetak dan elektronik. Penelitian ini menjelaskan bagaimana seorang petahana mampu mempertahankan kemenangannya. Dia mampu mengalahkan para penantang yang sudah membidik kursi kekuasaan seiring jalannya kepemimpinan pemerintahan petahana. Petahana bisa mengklarifikasi berbagai isu negatif yang diarahkan kepada dirinya, bahkan petahana bisa merubah hambatan menjadi peluang untuk diraihnya kembali. Petahana yang memperoleh kekalahan pada pertarungan Pilkada periode kedua, tergambarkan bahwa sang petahana tidak bisa menghadirkan keberhasilan program kerjanya, petahana tidak mempunyai program jangka panjang, petahana tidak merealisasikan janji kampanyenya, petahana tidak mampu berkomunikasi dengan para partai politik dan rakyatnya, dan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis.S.12/18 Fau f
Uncontrolled Keywords: Pilkada (Pemilu), petahana, kemenangan, kekalahan, politik lokal Perbandingan
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers > J(1)-981 General legislative and executive papers
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Sosial
Creators:
CreatorsEmail
Agus Machfud Fauzi, 091170405UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRamlan Surbakti, Prof., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2019 00:49
Last Modified: 21 Feb 2019 00:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item