KOMODIFIKASI IBADAH UMRAH DI JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF BAUDRILLARD

DIDIK HARIYANTO, 071317047302 (2018) KOMODIFIKASI IBADAH UMRAH DI JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF BAUDRILLARD. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Dis.S.13 18 Har k.pdf

Download (228kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Dis.S.13 18 Har k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Dis.S.13 18 Har k.pdf

Download (305kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan melakukan studi ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana biro perjalanan umrah melakukan komodifikasi terhadap ibadah umrah dan bagaimana jamaah memberikan makna terhadap komodifikasi tersebut sampai pada sikap hiperrealitas Muslim terhadap ibadah umrah. Studi ini dilatarbelakangi realitas besarnya minat umat Muslim dalam melaksanakan ibadah umrah dan berbagai masalah yang terjadi di dalamnya. Permasalahan studi ini akan dianalisis dengan perspektif teori Baudrilaard. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan pengelola biro perjalanan umrah serta dengan jamaah yang sudah melaksanakan umrah sebagai kontrol terhadap dampak dari komodifikasi ibadah umrah. Model analisis data yang digunakan dalam studi ini menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Studi ini menghasilkan pertama, proses simulakra dan simulasi merupakan cara yang digunakan biro perjalanan umrah dalam melakukan komodifikasi terhadap ibadah umrah. Biro perjalanan umrah menjadi ruang simulakra bagi terjadinya proses reproduksi dan produksi umrah menjadi komoditas yang dapat dikomersialkan dan dijual layaknya produk konsumtif lain. Kedua, komodifikasi ibadah umrah yang dilakukan oleh biro perjalanan umrah menghasilkan dua pemaknaan jamaah yaitu, pemaknaan real value umrah dan pemaknaan exit value umrah. Pemaknaan real value umrah adalah pemaknaan jamaah terhadap umrah yang masih murni sebagai sebuah ibadah tanpa dicampuri makna lain selain ibadah, seperti halnya tujuan keduniawian. Pemaknaan Exit value umrah adalah pemaknaan jamaah terhadap ibadah umrah yang sudah mengalami pergeseran subtansi karena sudah mengalami komodifikasi. Umrah bukan lagi dimaknai hanya sebagai ibadah namun sudah menjadi sebagai leisure, lifestyle dan touring. Ketiga, pemaknaan jamaah terhadap komodifikasi umrah telah melahirkan sikap hiperrealitas Muslim terhadap ibadah umrah. Pemaknaan real value umrah menghasilkan hiperrealitas berupa hiperritualitas sedangkan pemaknaan exit value umrah menghasilkan hiperrealitas berupa leisure, lifestyle dan touring.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis.S.13/18 Har k
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, ibadah umrah, Hiperrealitas, Hiperritualitas, Real Value umrah, Exit Value umrah, Simulakra, Simulasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM826 Social institutions
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Sosial
Creators:
CreatorsEmail
DIDIK HARIYANTO, 071317047302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKacung Marijan, Prof., Drs., MA., PhD.UNSPECIFIED
ContributorMasdar Hilmy, Prof., S.Ag., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Feb 2019 00:59
Last Modified: 21 Feb 2019 00:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item