ANALISIS PENGARUH JOB DEMAND CONTROL - SUPPORT DAN PROTECTION MOTIVATION TERHADAP KEPATUHAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP (Studi di RSX Surabaya)

RAHMI DAMAYANTI, 101614453061 (2018) ANALISIS PENGARUH JOB DEMAND CONTROL - SUPPORT DAN PROTECTION MOTIVATION TERHADAP KEPATUHAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT INAP (Studi di RSX Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
TKA. 11-19 Dam a.pdf
Restricted to Registered users only until 22 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
TKA. 11-19 Dam a Abstrak.pdf

Download (27kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelengkapan diartikan sebagai kepatuhan petugas dalam pengisian rekam medis. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kepatuhan dokter dan perawat dalam pengisian berkas rekam medis rawat inap di RSX Surabaya yaitu hanya 53.5% untuk rencana keperawatan, 74,1% untuk isian asesmen medis rawat inap dokter dan 92% asesmen keperawatan rawat inap dari target kelengkapan sebesar 100%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis job demand controlsupport dan protection motivation dokter dan perawat terhadap kepatuhan pengisian berkas rekam medis rawat inap di RSX Surabaya. Rancang bangun penelitian analitik dngan pendekatan cross sectional. Sebanyak 110 berkas rekam medis linier rawat inap dokter dan perawat selama satu bulan yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kategori karakteristk demografi dokter dan perawat memiliki pengaruh terhadap job demand controlsupport (JDCS) dan protection motivation. Sedangkan JDCS yaitu tuntutan pekerjaan , kontrol dan dukungan sosial dokter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap protection motivation, berbeda dengan perawat hanya tuntutan pekerjaan dan dukungan sosial saja yang memiliki pengaruh. Kemudian tuntutan pekerjaan (perawat), kontrol (dokter dan perawat) dan dukungan sosial (dokter dan perawat) memiliki pengaruh terhadap kemauan. Maka, kesimpulan yang diperoleh adalah perlu perbaikan dalam dukungan sosial dokter dan kontrol perawat guna meningkatkan kemauan yang berdampak terhadap kepatuhan dalam pengisian berkas rekam medis rawat inap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA. 11-19 Dam a
Uncontrolled Keywords: job demand control support, protection motivation, kemauan, kepatuhan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RAHMI DAMAYANTI, 101614453061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Feb 2019 05:39
Last Modified: 22 Feb 2019 05:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item