PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP HUBUNGAN PARASOSIAL, KREDIBILITAS ENDORSER DAN NIAT BELI PENGGEMAR SYAHRINI TERHADAP PRODUK KOSMETIK DI MEDIA INSTAGRAM

YURIKE ANINDYASARI, 041524353006 (2019) PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP HUBUNGAN PARASOSIAL, KREDIBILITAS ENDORSER DAN NIAT BELI PENGGEMAR SYAHRINI TERHADAP PRODUK KOSMETIK DI MEDIA INSTAGRAM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah pengguna Instagram terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, begitupula dengan konsep parasosial. Konsep parasosial mulai populer di kalangan penulis, khususnya yang belajar tentang media. Parasosial juga mulai akrab di kalangan pemasar. Pemasar berlomba-lomba mencari sosok yang dianggap memiliki kekuatan mempengaruhi orang lain. Studi ini bertujuan mempelajari pengaruh interaksi parasosial terhadap hubungan parasosial, kredibilitas endorser dan niat beli dari penggemar Syahrini terhadap suatu produk make-up. Studi ini merupakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner online sebagai alat bantu. Data dikumpulkan dari followers akun penggemar Syahrini (@official.plc) di Instagram. Sampel studi ini adalah semua perempuan penggemar Syahrini yang belum pernah membeli kosmetik merek Lakme. Aturan pengisian kuesioner adalah responden diminta menonton sebuah video pendek tentang Syahrini sebelum mengisi kuesioner. Hasil yang didapat adalah interaksi parasosial berpengaruh signifikan terhadap hubungan parasosial, hubungan parasosial berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas endorser, hubungan parasosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli penggemar Syahrini, serta kredibilitas endorser yang tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli penggemar Syahrini. Implikasi studi ini adalah pemasar harus mencari endorser yang memiliki hubungan parasosial yang baik dengan penggemarnya. Selain itu, pemasar juga harus lebih inovatif demi menciptakan cara komunikasi yang tepat antara selebriti dengan penggemarnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 14/19 Ani p
Uncontrolled Keywords: Parasocial Interaction, Parasocial Relationship, Endorser Credibility, Purchase Intention.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ801-801.83 Man-woman relationships. Courtship. Dating
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YURIKE ANINDYASARI, 041524353006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:20
Last Modified: 25 Feb 2019 06:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80454
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item