PEMILIHAN SARANA TRANSPORTASI BATUBARA DARI LOKASI TAMBANG MENUJU PLTU 1 JATIM UNIT 1-2, Pacitan DENGAN MENGGUNAKAN ANALITIC NETWORK PROCESS(STUDI KASUS : PT. PJB – PLTU 1 Jatim unit 1-2, Pacitan)

PUGUH HARIJADI, 041614353002 (2019) PEMILIHAN SARANA TRANSPORTASI BATUBARA DARI LOKASI TAMBANG MENUJU PLTU 1 JATIM UNIT 1-2, Pacitan DENGAN MENGGUNAKAN ANALITIC NETWORK PROCESS(STUDI KASUS : PT. PJB – PLTU 1 Jatim unit 1-2, Pacitan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (47kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Batubara telah banyak digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik di banyak negara. Tidak hanya kualitas, ketersediaan stok batubara di stock pile merupakan hal penting untuk memberikan jaminan pada pembangkit agar dapat tetap mensupply energi listrik pada jaringan sesuai kemampuan supplynya. Sehingga sangat diperlukan suatu sistem mekanisme pengiriman batubara yang baik. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk memilih sarana transportasi batubara yang paling baik dan sesuai dengan kondisi laut, yang menjadi lintasan kapal saat pengiriman batubara dari lokasi tambang menuju PLTU 1 Jatim unit 1- 2, Pacitan. Berdasarkan kriteria – kriteria penting seperti biaya murah, cepat, jumlah angkut besar, tahan hujan – ombak – badai, waktu sandar – cleaning pendek dan populasi kapal, dilakukan pemilihan sarana transportasi batubara dari lokasi tambang menuju PLTU 1 Jatim unit 1-2, Pacitan dengan menggunakan methode Analytic Network Process (ANP). Hasil akhir dari Superdecisions V3.0 sebagai alat bantu analisa ANP ini berupa ranking alternatif (peringkat sarana transportasi batubara). Dari hasil analisa diperoleh Vessel menempati ranking pertama, disusul SPB (Self Propelled Barge) di ranking kedua dan ranking terakhir adalah tongkang. Ini berarti Vessel merupakan solusi sarana transport yang mampu menjawab semua konstrain transportasi batubara dari tambang menuju PLTU 1 Jatim unit 1-2, Pacitan. Dan menjadi prioritas utama sarana transport batubara. Alternatif SPB dan Tongkang digunakan apabila keberadaan Vessel sedang dalam pengiriman batubara di tempat lain sebagai konsekuensi dari demand yang lauh lebih besar daripada supply.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 21/19 Har p
Uncontrolled Keywords: logistic, tongkang, barge, vessel, ANP, superdecisions.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
PUGUH HARIJADI, 041614353002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:04
Last Modified: 25 Feb 2019 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item