KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SMPNEGERI 1 SURABAYA

ARYA SEPDITA TRI UTAMA, 071311633099 (2018) KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SMPNEGERI 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.85 18 Uta k.pdf

Download (205kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan menjadikan keterampilan literasi informasi sebagai suatu kebutuhan bagi para siswa dalam membangun pengetahuannya dan menciptakan pemahaman dengan caranya sendiri. Terlebih dengan adanya perpustakaan sekolah sebagai sarana penyedia sumber informasi bagi kegiatan belajar mengajar, para siswa diharapkan dapat menggunakan informasi yang ada secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan literasi informasi siswa kelas VII, VIII, IX SMP Negeri 1 Surabaya dalam mengerjakan tugas makalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian survei dengan kuesioner dengan pengambilan sampel menggunakan tipe tehnik random sampling. Kuesioner dibuat dengan indikator-indikator dari standar kompetensi literasi informasi untuk tingkatan sekolah yaitu Information Literacy Standards for Student Learning: Standards and Indicators yangdibuat oleh American Association of School Librarians (AASL). Hasil penelitian yang menggambarkan kemampuan literasi informasi siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Surabaya dalam mengerjakan tugas makalah terbagi menjadi 3 standar, yaitu Information Literacy(StandarL1) sebesar 3,74 (tinggi), Independent Learning(Standar L2) sebesar 3,62 (tinggi) dan Social Responsibillity (Standar L3) sebesar 3,96 (tinggi). Berdasarkan 3 standar tersebut diperoleh skor indikator tertinggi dan terendah. Indikator tertinggi padakemampuan bekerjasama dengan orang lain, secara personal maupun melalui teknologi, untuk mengidentifikasi masalah informasi dan mencari solusi ( Standart L3 Indikator 3) menghasilkan total skor 4,47 (sangat tinggi). Indikator terendah pada Kemampuan mengindentifikasi berbagai macam sumber informasi yang potensial (Standart L1 Indikator4) menghasilkan total skor 3,1(cukup tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.85/18 Uta k (TLP)
Uncontrolled Keywords: Literasi informasi, Perpustakaan sekolah, Siswa, Standar literasi informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
ARYA SEPDITA TRI UTAMA, 071311633099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:03
Last Modified: 26 Feb 2019 01:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80484
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item