PERPECAHAN KOALISI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PERSAINGAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SEBAGAI CALON BUPATI SIDOARJO DI PILKADA 2015)

Sanggra Achmad Adji Prayogo, 071311333007 (2018) PERPECAHAN KOALISI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (STUDI KASUS PERSAINGAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SEBAGAI CALON BUPATI SIDOARJO DI PILKADA 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.59 18 Pra p.pdf

Download (36kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini tentang PERPECAHAN KOALISI DI PEMILIHAN KEPALA DAERAH STUDI KASUS PERSAINGAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SEBAGAI CALON BUPATI SIDOARJO DI PILKADA 2015 penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data indepth interview, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis fenomena pecah koalisi penulis menggunakan teori koalisi Menurut William Riker Minimal Winning Coalition(MWC) dan Robert Axelrod Minimum Connected Winning(MCW). Tujuannya adalah agar mampu mendalami fenomena pecah koalisi di kabupaten Sidoarjo. penelitian mengenai pecah koalisi ini memiliki tujuan untuk mengetahui latar belakang terjadi nya pecah koalisi antara mantan bupati Sidoarjo dan wakil bupati Sidoarjo dalam pemilihan kepala daerah di kabupaten Sidoarjo. Di kota Sidoarjo terjadi pecah koalisi antara Saifull Illah dan M.G Hadi Sucipto ini terjadi karena adanya suatu dinamika politik internal partai PKB yang sebelum nya mengusung pasangan Saifull Illah dan M.G Hadi Sucipto pada 2010 dan pada pemilihan kepala daerah 2015 DPP partai PKB menginginkan adanya kader muda dari PKB didalam pencalonan wakil bupati untuk menemani mantan bupati Saifull Illah untuk maju di pemilihan kepala daerah 2015. Dalam memutuskan untuk pecah koalisi antara Saifull Illah dan M.G Hadi Sucipto keputusan partai dalam dewan pimpinan pusat(DPP) partai PKB juga mempengaruhi adanya pecah koalisi ini karena DPP pusat mengarapkan adanya suatu regenerasi baru didalam internal PKB, karena Pak Saifull Illah yang sudah 2 periode maju sebagai bupati diharapkan dengan pemelihan kepala daerah selanjutnya dari PKB dapat mengusung kader muda tersebut untuk maju di pemilihan kepala daerah selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.59/18 Pra p (TLP)
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Koalisi, Pilkada
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Sanggra Achmad Adji Prayogo, 071311333007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAli Sahab, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:53
Last Modified: 26 Feb 2019 01:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item