PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP JOB SATISFACTION DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY DAN WORK ENGAGEMENT PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR CIANJUR WILAYAH SURABAYA

FITRA ANDRE GUNARSA, 041311233143 (2019) PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP JOB SATISFACTION DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY DAN WORK ENGAGEMENT PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR CIANJUR WILAYAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
B 103 19 Gun P - ABSTRAK.pdf

Download (827kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 103 19 Gun P - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan sumber daya manusia di dalam keberlangsungan perusahaan jasa seperti restoran sangatlah penting, karena seiring berjalannya waktu semakin banyak perusahaan jasa khususnya restoran yang bermunculan yang secara tidak langsung membuat persaingan bisnis restoran semakin ketat. Hal ini menjadi tugas pemimpin untuk dapat mengelola karyawannya dengan baik agar dapat bertahan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan salah satunya hal yang harus diperhatikan pemimpin adalah kepuasan kerja karyawan. Selain itu pemimpin juga harus meningkatkan kemampuan karyawan, sehingga karyawan dapat terlibat di dalam kemajuan sebuah perusahaan jasa khususnya restoran. Hal-hal tersebut harus diperhatikan pemimpin, karena dengan kemampuan yang dimiliki, karyawan dapat mempertahankan tingkat pelayanan dan rasa masakan yang sudah menjadi ciri sebuah restoran. Menanggapi hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pada karyawan rumah makan Ikan Bakar Cianjur Cabang Kota Surabaya yang di mediasi oleh self-efficacy dan work engagement. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan jumlah responden sebanyak 60 karyawan menggunakan teknik sampel acak proporsional yang berasal dari enam outlet IBC di Surabaya. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini SPSS 19.0 dan Uji Sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, yang artinya kepemimpinan transformasional dapat berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa self-efficacy memediasi penuh pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja. Dan hasil terakhir menunjukkan bahwa work engagement juga memediasi penuh pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 103/19 Gun p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Self-Efficacy, Work Engagement, Kepuasan Kerja
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FITRA ANDRE GUNARSA, 041311233143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnis Eliyana, Prof. Dr. SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 26 Feb 2019 02:19
Last Modified: 26 Feb 2019 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item