PENGARUH LINE AGE, TOTAL ASSET, RETURN ON ASSET, EQUITY TO TOTAL ASSET DAN BANK NPL RATIO TERHADAP UTILISASI CREDIT LINE

BAITURROCHIMAH, 041614353037 (2019) PENGARUH LINE AGE, TOTAL ASSET, RETURN ON ASSET, EQUITY TO TOTAL ASSET DAN BANK NPL RATIO TERHADAP UTILISASI CREDIT LINE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MM. 24-19 Bai p Abstrak.pdf

Download (418kB)
[img] Text (Fulltext)
MM. 24-19 Bai p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh line age, total asset perusahaan, return on asset perusahaan, equity to total asset perusahaan, dan bank NPL ratio terhadap utilisasi credit line. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan ordinary least square (regresi linier berganda). Sampel yang digunakan sebanyak 51 perusahaan yang menjadi debitur salah satu Sentra Kredit Menengah Bank X yang berlokasi di Surabaya yang memiliki fasilitas credit line berupa Kredit Modal Kerja Rekening Koran Terbatas (KMK RC) dengan jumlah observasi bulanan sebanyak 1194 data dan jangka waktu penelitian mulai tahun 2016 sampai dengan juni 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa line age credit line berpengaruhi negatif signifikan terhadap utilisasi credit line, total asset perusahaan berpengaruhi negatif signifikan terhadap utilisasi credit line, return on asset perusahaan berpengaruhi negatif signifikan terhadap utilisasi credit line, equity to total asset perusahaan berpengaruhi negatif signifikan terhadap utilisasi credit line, dan bank NPL ratio berpengaruhi positif signifikan terhadap utilisasi credit line. Adapun implikasi penelitian yang dapat aplikasikan dari hasil penelitian ini yaitu hasil model regresi yang diperoleh dapat digunakan untuk menambah formula perhitungan sebagai alat adjustment dalam penentuan jumlah maksimum credit line yang diberikan sehingga meminimumkan gap yang terjadi antara nilai plafond yang telah ditentukan dengan realisasi penggunaan credit linenya, kemudian perlu dilakukan early warning system seperti pemantauan rutin setiap 3 bulanan dari pihak perbankan untuk para nasabah yang tingkat penggunakan credit linenya sudah diatas 90% sebab dapat berpotensi menimbulkan default kredit yang pada akhirnya meningkatkan nilai bank NPL ratio.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 24-19 Bai p
Uncontrolled Keywords: utilisasi credit line, line age, total asset, return on asset, equity to total asset, bank NPL ratio, credit line.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BAITURROCHIMAH, 041614353037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmat Setiawan, Dr. SE., MM., CFPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:50
Last Modified: 26 Feb 2019 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item