KETERKAITAN AKTIVITAS EKONOMI BERBASIS SYARIAH ISLAM DENGAN BUDAYA LOKAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI JAWA TIMUR

RENNY OKTAFIA, 091517077309 (2019) KETERKAITAN AKTIVITAS EKONOMI BERBASIS SYARIAH ISLAM DENGAN BUDAYA LOKAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI JAWA TIMUR. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. EI. 02-19 Okt k Abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. EI. 02-19 Okt k.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran akivitas ekonomi berbasis syariah Islam yang dilakukan oleh masyarakat di beberapa wilayah Jawa Timur. Selain itu, untuk mengetahui dampak aktivitas ekonomi berbasis syariah Islam terhadap kesejahteraan masyarakat yang melakuakan aktivitas tersebut di beberapa wilayah di Jawa Timur, serta untuk mengetahui keterkaitan aktivitas ekonomi berbasis syariah Islam dengan budaya lokal di beberapa wilayah Jawa Timur. Metode yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode grounded theory. Fokus penelitian dilakukan pada aktivitas ekonomi berbasis syariah Islam yang menjadi bagian dari budaya lokal di tiga wilayah besar di Jawa Timur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara kepada pelaku ekonomi, tokoh adat setempat, pemerintah desa dan ahli fiqih. Pengambilan data dilakukan di tiga wilayah besar yaitu Mojo kabupaten Kediri (komunitas mataraman), Puger Kabupaten Jember (Komunitas Pandalungan) dan Pujon Kabupaten Malang (Komunitas Arek). Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, terdapat bentuk aktivitas ekonomi Islam berbasis syariah Islam dalam budaya lokal yang dilakukan oleh masyarakat di beberapa wilayah Jawa Timur. Pada kebudayaan Mataraman mayoritas masyarakatnya memiliki mata pencaharian di bidang pertanian, kebudayaan Arek memiliki aktivitas mata pencaharian di bidang bercocok tanam dan peternakan, dan Pandalungan mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Kedua, aktivitas ekonomi berbasis syariah Islam yang diterapkan masyarakat di beberapa wilayah Jawa Timur, berdampak terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh pelaku dan masyarakat, serta dapat meningkatkan solidaritas masyarakat. Ketiga, terdapat keterkaitan ekonomi berbasis syariah Islam dengan budaya lokal di beberapa wilayah Jawa Timur, diantaranya Sistem Maro bagi hasil, sistem Gaduhan dan sistem Sara kerjasama modal yang diterapkan di kebudayaan Mataraman, Arek dan Pendalungan, sesuai dengan hukum Islam. Kerjasama modal dan bagi hasil yang dilakukan dengan akad sebelum pelaksanaan aktivitas.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. EI. 02-19 Okt k
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Ekonomi Islam, Budaya Lokal, Kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Doktoral Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RENNY OKTAFIA, 091517077309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuslich Anshori, Prof. Dr. H., SE., M.Sc., AkUNSPECIFIED
ContributorImron Mawardi, Dr., SP., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:35
Last Modified: 26 Feb 2019 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80523
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item