ANALISIS ELIMINASI PEMBOROSAN DENGAN PENDEKATAN DMAIC DAN USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PRODUKSI DI PT. MALINDO INTITAMA RAYA MALANG

FENDY SATRIA TULODO, 041611223041 (2019) ANALISIS ELIMINASI PEMBOROSAN DENGAN PENDEKATAN DMAIC DAN USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PRODUKSI DI PT. MALINDO INTITAMA RAYA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
B.82-19 Tul a abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text (fulltext)
B.82-19 Tul a.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin ketatnya persaingan di bidang industri manufaktur saat ini membuat perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya. Hal tersebut menjadikan sebuah keunggulan kompetitif tersendiri dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam membuat suatu produk yang berkualitas juga tidak lepas dari berbagai permasalahan yang terjadi. PT. Malindo Intitama Raya Malang merupakan perusahaan manufaktur di bidang produksi kasur busa dan kasur spring bed. Namun pada saat ini PT. Malindo Intitama Raya Malang memiliki permasalahan pada pemborosan dalam proses produksinya, sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya kinerja proses produksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan Lean Six Sigma dengan menggunakan DMAIC (define, measure, analyze, improve, control) dalam mengurangi pemborosan yang terjadi pada proses produksi dan mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini juga menggunakan berbagai tools dalam mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang terjadi, seperti SIPOC diagram, current state map, cause and effect diagram, future state map, dan 5W+1H. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah temuan beberapa pemborosan, seperti overproduction, delays, processes, dan inventories, yang diakibatkan tidak adanya peramalan jumlah penjualan, tidak adanya perencanaan jumlah produksi, kurang tersedia tipe bahan baku, kurang jumlah supplier bahan baku, kurangn pengawasan kualitas pembelian bahan baku, tidak ada quality control pada bahan baku sebelum produksi, terjadi penumpukan barang jadi di gudang, dan tidak ada penataan tata letak yang baik di gudang barang jadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.82/19 Tul a
Uncontrolled Keywords: Perbaikan kualitas, Lean Six Sigma, DMAIC, proses produksi, pemborosan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FENDY SATRIA TULODO, 041611223041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam Katias, Drs. , MM,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:58
Last Modified: 26 Feb 2019 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item