ADAPTASI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI CULTURE SHOCK DI JEPANG (STUDI KASUS: LIMA MAHASISWA PROGRAM AIESEC STUDI KEJEPANGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA)

NADIA AYU PERMATASARI, 121211333023 (2019) ADAPTASI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI CULTURE SHOCK DI JEPANG (STUDI KASUS: LIMA MAHASISWA PROGRAM AIESEC STUDI KEJEPANGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (Fulltext)
FS J 04 19 Per a.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi dan memiliki banyak peluang kerja. Oleh karena itu, banyak siswa yang tertarik untuk menambah pengalaman dan wawasan di Jepang. Jepang juga memberikan peluang bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan atau bahkan magang. Di Jepang, individu membutuhkan pemahaman lintas budaya dan kemampuan untuk beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan baru.Jika tidak, akan terjadi culture shock. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan 5 informan mahasiswa program AIESEC di Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk membahas rumusan masalah mengenai bagaimana adaptasi mahasiswa dalam menghadapi culture shock di Jepang ketika mengikuti program AIESEC dikaitkan dengan tahap tingkat penyesuaian culture shock, serta menggunakan konsep adaptasi dan culture shock. Kesimpulan, adaptasi yang dilakukan oleh 5 informan berbeda-beda yaitu membiasakan diri, berbagi cerita dan melakukan hal yang sederhana kepada atasan serta rekan kerja. Kemudian, datang lebih awal dan berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat waktu, berusaha menerima perspektif seluas mungkin serta menikmati dan menjalani setiap proses yang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J. 04/19 Per a
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Culture Shock, Lintas Budaya.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsEmail
NADIA AYU PERMATASARI, 121211333023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPutri Elsy, , S.S., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:24
Last Modified: 28 Feb 2019 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80583
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item