Social Marketing dalam Mempromosikan Kegiatan Posyandu Balita di Kelurahan Medokan Ayu

Zakaria, 071411531010 (2019) Social Marketing dalam Mempromosikan Kegiatan Posyandu Balita di Kelurahan Medokan Ayu. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.03 19 Zak s.pdf

Download (22kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.03 19 Zak s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.03 19 Zak s.pdf

Download (177kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai aktifitas pemasaran sosial yang dilakukan para kader posyandu dalam mempromosikan program posyandu di kelurahan Medokan Ayu. Posyandu yang merupakan bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) dikelola dan diorganisir oleh, untuk, dan dengan masyarakat. Dalam rangka melaksanakan pembangunan kesehatan, dengan memberdayakan masyarakat dan memberikan kesempatan pada masyarakat untuk menerima layanan dasar kesehatan. Memiliki tujuan untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak. Sehingga menjadi menarik untuk mendeskripsikan aktifitas pemasaran sosial kader posyandu sebagai ujung tombak dari program kesehatan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori komunikasi kesehatan dan pemasaran sosial. Sedangkan untuk data sekunder didapat dari dokumen posyandu serta catatan penelitian selama observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kader posyandu menggunakan strategi promosi kesehatan yang persuasif, edukatif serta inovatif. Upaya persuasif ini ditunjukkan melalui penggunaan strategi pendampingan intensif serta gaya sosialisasi yang langsung sesuai konteks sasaran. Kader posyandu juga melibatkan ahli dari puskesmas dan masyarakat agar turut berperan aktif untuk meningkatkan kualitas program posyandu di lingkungannya. Sedangkan untuk aspek edukasi ditunjukkan dengan adanya upaya kader posyandu yang mengarah pada pemberdayaan peserta posyandu dalam memperhatikan tumbuh kembang anak. Dalam konteks inovasi, para kader posyandu telah mengkreasikan kegiatan posyandu sesuai masyarakat di lingkunagnnya demi meningkatkan partisipasi peserta posyandu. Kesimpulannya bahwa program posyandu balita yang dilakukan para kader sesuai dengan kondisi ril serta mampu menciptakan perubahan perilaku masyarakat peserta posyandu melalui aktifitas social marketing yang persuasif, edukatif serta inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.03/19 Zak s
Uncontrolled Keywords: social marketing, promosi kesehatan, posyandu balita, kader posyandu
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Zakaria, 071411531010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 00:48
Last Modified: 01 Mar 2019 00:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item