Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Dual Worker Marriages di Kota Surabaya dalam Perkembangan Pendidikan Anak Usia Remaja Awal (Usia 12-15 Tahun)

Fernanda Wahyu Amelia, 071511533013 (2019) Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Dual Worker Marriages di Kota Surabaya dalam Perkembangan Pendidikan Anak Usia Remaja Awal (Usia 12-15 Tahun). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.05 19 Ame p.pdf

Download (165kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.05 19 Ame p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.05 19 Ame p.pdf

Download (401kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pola komunikasi pasangan suami istri yang sama-sama bekerja di luar rumah atau dual-worker marriages mengenai perkembangan pendidikan anak usia remaja awal (12-15 tahun).. Topik ini menarik untuk diteliti karena lingkungan keluarga menjadi tempat yang utama seorang anak memperoleh pendidikan. Ayah dan ibu dalam keluarga menjadi pendidik pertama dalam proses perkembangan pendidikan anak, dan melihat bahwa pasangan suami istri yang sama-sama bekerja memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan pasangan suami istri yang hanya salah satu saja yang bekerja di luar rumah. Urusan rumah tangga atau mendidik anak bukanlah tanggung jawab istri sepenuhnya seperti yang terjadi pada pasangan yang bukan dual-worker marriages. Melihat perbedaan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pola komunikasi yang mendominasi pasangan dual-worker marriages dalam hal perkembangan pendidikan anak khususnya usia remaja awal dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi dan tipe penelitian deskriptif. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai pola komunikasi, pasangan dual-worker marriage dalam keluarga, perkembangan pendidikan dan psikologi remaja awal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa tipe keluarga mempengaruhi bagaimana pasangan suami istri melakukan pola komunikasi antar pasangan. Selain itu, pola komunikasi yang dilakukan orang tua dual worker marriages terhadap anak bertujuan untuk memantau dan mendidik perkembangan pendidikan anak baik formal maupun informal karena nantinya akan berdampak pada tingkah laku anak. Oleh sebab itu orang tua yang memiliki karier ganda harus memperhatikan perkembangan pendidikan anak mereka agar tidak melakukan penyimpangan sosial yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.05/19 Ame p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi keluarga, dual-worker marriages, pendidikan anak, psikologi remaja.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Fernanda Wahyu Amelia, 071511533013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:36
Last Modified: 01 Mar 2019 02:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item