STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA YANG DILAKUKAN SIGNIFICANT OTHERS DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI PADA REMAJA TUNARUNGU YANG BERADA DALAM PENGASUHANNYA

NUR AINI VICININTYA RISAM, 071411531030 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA YANG DILAKUKAN SIGNIFICANT OTHERS DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI PADA REMAJA TUNARUNGU YANG BERADA DALAM PENGASUHANNYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.10 19 Ris s.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.10 19 Ris s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.10 19 Ris s.pdf

Download (381kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi keluarga yang dilakukan oleh significant others dalam membentuk konsep diri remaja tunarungu yang berada dalam pengasuhannya. Peneliti tertarik memilih focus tersebut karena tekanan di masa remaja dan penilaian orang lain terkait ketunarunguan dapat mempengaruhi pembentukan konsep diri remaja tunaungu. Keluarga sebagai significant others berperan dalam membentuk konsep diri remaja tunarungu menggunakan cinta dan penerimaan yang diberikan melalui keluarga. Dengan demikian, peneliti menggunakan dimensi communication pada circumplex model milik Olson yang meliputi active listening, empathy, respect and regards, serta selfdisclosure. Selain itu, peneliti juga menjelaskan penerimaan, ekspektasi, dukungan, arahan, serta kedekatan oleh keluarga yang mempengaruhi penerapan strategi komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan wawancara mendalam kepada 3 keluarga yang tinggal satu rumah dengan remaja tunarungu untuk menggambarkan strategi komunikasi keluarga yang mereka gunakan. Kemudian, peneliti memaparkan hasil temuan wawancara mendalam tersebut. Hasil penelitian menunjukkan keluarga tidak semua menggunakan keempat strategi komunikasi keluarga. Active listening dapat diawali oleh self-disclosure salah satu pihak yang kemudian dapat menciptakan kedekatan. Kalimat arahan diberikan sebagai umpan balik ketika melakukan active listening. Sementara, Empathy serta respect and regards ditunjukkan ketika anggota keluarga berupaya memperhatikan ungkapan perasaan remaja tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.10/19 Ris s
Uncontrolled Keywords: Significant others, remaja tunarungu, strategi, komunikasi keluarga, konsep diri, penerimaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR AINI VICININTYA RISAM, 071411531030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndria Saptyasari, Dr., S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:13
Last Modified: 01 Mar 2019 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80633
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item