IKATAN SOSIAL PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kontrol Sosial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar)

Sughmita Maslacha Amala S., 071511433021 (2019) IKATAN SOSIAL PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kontrol Sosial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.01 19 Sug i.pdf

Download (116kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.01 19 Sug i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.01 19 Sug i.pdf

Download (372kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami ikatan sosial pada anak yang berhadapan dengan hukum yang sedang menjalani masa pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Argumen utama dari penelitian ini adalah bahwa kuatnya ikatan sosial dalam diri anak akan membantu mereka untuk sadar dan terikat dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, yang dapat menjauhkan mereka dari perilaku menyimpang dan tidak terlibat lagi dalam kenakalan remaja. Sedangkan pembahasan utama dari penelitian ini adalah bagaimana Lembaga Pembinaan melakukan kontrol sosial untuk dapat menguatkan kembali ikatan sosial dalam diri anak yang berhadapan dengan hukum. Penelitian ini dilakukan di LPKA Kelas I Blitar dengan menggunakan metode kualitatif. Informan terdiri dari 11 (sebelas informan), 5 (lima) di antaranya merupakan petugas LPKA dan 6 (enam) anak yang berhadapan dengan hukum. Penelitian ini menggunakan teori kontrol sosial Hirschi dan teori institusi total Goffman dalam memahami ikatan sosial pada anak yang berhadapan dengan hukum di LPKA. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis data digunakan interactive model Miles and Huberman. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa ikatan sosial pada diri anak yang berhadapan dengan hukum, dapat diperkuat melalui keikutsertaannya dan keterlibatan mereka secara aktif dalam program pembinaan di LPKA Kelas I Blitar. Program tersebut melibatkan upaya kontrol sosial dari petugas LPKA utamanya, dan keberadaan keluarga, teman, serta pihak luar seperti; guru dan lembaga pemasyarakatan. Sedangkan kontrol sosial yang ada di lembaga pembinaan berkaitan dengan keberadaan institusi total yang mengikat dan membelenggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.01/19 Sug i
Uncontrolled Keywords: Anak berhadapan dengan hukum; Ikatan Sosial; Institusi Total; Kontrol Sosial; Lembaga Pembinaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG9271 Child insurance. Life insurance for children
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sughmita Maslacha Amala S., 071511433021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTuti Budirahayu, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:20
Last Modified: 01 Mar 2019 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item