KEHIDUPAN LANSIA DI PERKOTAAN (Studi tentang reproduksi nilai lansia bagi keluarga lansia di Dandangan, Kota Kediri)

Ferina Fitri Nofitasari, 071511433039 (2019) KEHIDUPAN LANSIA DI PERKOTAAN (Studi tentang reproduksi nilai lansia bagi keluarga lansia di Dandangan, Kota Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.03 19 Nof k.pdf

Download (110kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.03 19 Nof k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.03 19 Nof k.pdf

Download (457kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lanjut usia merupakan tahap akhir dalam perkembangan daur hidup manusia. Di Indonesia sendiri jumlah peduduk yang masuk lanjut usia semakin mengalami peningkatan, hal ini disebabkan karena angka harapan hidup seseorang yang terus meningkat. Pada masyarakat perkotaan yang pemikirannya lebih modern menyebabkan beberapa anak yang memiliki orang tua lanjut usia menitipkan di panti jompo atau bahkan ada yang tega menelantarkannya. Dari latar belakang tersebut peneliti memfokuskan penelitiannya pada penanaman kembali nilai mengenai orang tua lanjut usia, serta melakukan perawatan dilingkup keluarga dan juga mendukung kebutuhan lansia serta ikut andil dalam pendirian posyandu lansia dengan swadaya dari warga setempat. Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif dengan teori modal sosial dari bourdieu, teori pertukaran sosial dari George C. Homans dan teori pendukung lainnya dari kuntjoro. Metode penentuan informan dilakukan secara purposive, dan didapatkan delapan informan subjek serta dua informan pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah keluarga lansia berusaha mereproduksi nilai mengenai lansia dengan melihat perjuangan lansia dalam merawat anak-anaknya, sehingga sang anak berusaha untuk balas budi dengan cara memiliki kepedulian lebih serta merawatnya dan memberi dukungan penuh pada lansia dalam menjalani sisa hidupnya serta memenuhi segala kebutuhan lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.03/19 Nof k
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Lanjut usia, Mereproduksi nilai.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Ferina Fitri Nofitasari, 071511433039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B. Wirawan, Prof., Dr., Drs., SU.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:28
Last Modified: 01 Mar 2019 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item