ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA DALAM MEMAKNAI STIGMA MASYARAKAT KEPADA ANAK (Studi Mengenai Pemaknaan Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Yang di Berikan Pada Anak)

ANISA RAKHMANIA, 071511433052 (2019) ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA DALAM MEMAKNAI STIGMA MASYARAKAT KEPADA ANAK (Studi Mengenai Pemaknaan Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Yang di Berikan Pada Anak). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.06 19 Rak o.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.06 19 Rak o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.06 19 Rak o.pdf

Download (348kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya kasus mengenai anak berkebutuhan khusus (ABK) yang seringkali mendapatkan perlakuan tidak pantas dari masyarakat dikarenakan kondisinya yang tidak sempurna seperti orang pada umumnya. penelitian ini membahas tentang orangtua anak tunagrahita dalam memaknai stigma masyarakat di SLB Widya Tama Surabaya. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana orangtua anak tunagrahita dalam memaknai stigma yang diberikan masyarakat. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan dua teori. Sebagai teori utama yaitu Teori Fenomenologi dari Alferdz Schutz dan teori penunjang yaitu Teori Stigma dari Erfing Goffman. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu pemilihan yang dilakukan secara sengaja atas tujuan dari penelitian tersebut dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik yang relevan dengan tujuan dan permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) masyarakat memberikan stigma kepada anak tunagrahita dikarenakan kondisi fisik dan karakteristik perilaku mereka yang berbeda dari orang pada umumnya. (2) orangtua anak tunagrahita memaknai stigma yang diberikan masyarakat adalah sebagai hal yang tidak perlu di permasalahkan dan sebagai cambuk bagi diri mereka agar menjadi orangtua yang lebih baik lagi dalam mendidik anak-anak mereka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka didapatkan kesimpulan yaitu, anak tunagrahita tidak akan terstigma oleh masyarakat apabila ia tidak memiliki karakteristik yang berbeda dari orang pada umumnya. Dan orangtua anak tunagrahita mampu memaknai stigma yang diberikan oleh masyarakat dikarenakan mereka menghubungkan setiap tindakan masyarakat yang dilakukan setiap terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.06/19 Rak o
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Orangtua, Makna, Stigma
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANISA RAKHMANIA, 071511433052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Mas'udah, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:42
Last Modified: 01 Mar 2019 03:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item