TINDAKAN MEMINTA SUMBANGAN DI JALANAN DESA LOMBANG DAJAH KECAMATAN BLEGA KABUPATEN BANGKALAN

SARI KURNIA PUTRI, 071511433023 (2019) TINDAKAN MEMINTA SUMBANGAN DI JALANAN DESA LOMBANG DAJAH KECAMATAN BLEGA KABUPATEN BANGKALAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.07 19 Put t.pdf

Download (154kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.07 19 Put t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.07 19 Put t.pdf

Download (261kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena peminta sumbangan untuk pembangunan masjid di jalanan sangat mudah ditemui di berbagai kota besar yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini difokuskan pada peminta sumbangan di jalanan Desa Lombang Dajah dalam memahami tindakannya terhadap pengumpulan dana pembangunan masjid. Di desa tersebut, banyak peminta sumbangan yang berdiri di pinggir jalan dengan mentasnamakan masjid serta menggunakan konsep-konsep shodaqah yang terbagi kedalam beberapa kelompok. Tindakan para peminta sumbangan ini kemudian menjadi sebuah tindakan yang memiliki orientasi tindakan tertentu. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu 5 informan subjek (peminta sumbangan), 1 informan non-subjek (pengurus perijinan), dan 1 informan kunci (koordinator). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) kepada informan yang diambil menggunakan teknik purposive dan snowball. Adapun analisis permasalahan dalam penelitian ini menggunakan tiga teori, yakni teori tindakan sosial Max Weber sebagai teori pendamping utama dan teori tindakan sosial Talcott Parsons serta Pilihan Rasional James S. Coleman sebagai teori penguat dari penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tindakan meminta sumbangan di jalanan Desa Lombang Dajah diawali dengan adanya keterbatasan pendanaan pembangunan masjid, sehingga muncul inisiatif masyarakatnya untuk melakukan penggalangan dana melalui tindakan meminta sumbangan di jalanan utama. Adapun kemudian para peminta sumbangan memahami tindakannya yang terklasifikasi kedalam orientasi tindakan tertentu, diantaranya : 1) Riwayat munculnya kegiatan meminta sumbangan masjid di jalanan merupakan pilihan rasional para peminta sumbangan. Tindakannya ini menunjukkan orientasi tindakan rasional instrumental. 2) Tindakan sosial peminta sumbangan mencerminkan orientasi tindakan ideal sebagaimana yang dijelaskan oleh Weber yakni tindakan rasional instrumental, rasional nilai, afektif, dan tradisional. 3) Penggunaan konsep shodaqah dalam kegiatan meminta sumbangan merupakan suatu bentuk pembungkusan aktifitas sosial atasnama agama yang dalam artian menunjukkan adanya tindakan rasional nilai pelakunya. Temuan tersebut kemudian mewujudkan proposisi bahwa para peminta sumbangan dalam memahami tindakannya tersebut tergolong kedalam bentuk orientasi tindakan yang berbeda-beda satu diantara yang lain, baik itu sebagai tindakan rasional instrumental, rasional nilai, afektif, maupun tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.07/19 Put t
Uncontrolled Keywords: Tindakan, pemintaan sumbangan, shodaqah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
SARI KURNIA PUTRI, 071511433023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:47
Last Modified: 01 Mar 2019 03:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item