REKOMENDASI PEMASARAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA

FIRDAUZI RIMADHAN, NIM01614453027 (2019) REKOMENDASI PEMASARAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PELAYANAN ANTENATAL DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text (Fulltext)
TKA 05 19 Rim p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran sosial telah banyak digunakan dalam memecahkan masalah kesehatan masyarakat. Pemasaran sosial adalah penerapan prinsip pemasaran untuk mempengaruhi perilaku masyarakat. Pada buku pedoman pelayanan antenatal tahun 2007, kunjungan antenatal pertama harus dilakukan pemeriksaan fisik, meliputi pemeriksaan gigi dan mulut. Cakupan kunjungan ibu hamil di poli gigi Puskesmas kota Surabaya tahun 2016 hanya mencapai 38,15% dari target 100%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rekomendasi pemasaran sosial untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya. Metode penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan multistage random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil dengan kriteria inklusi meliputi telah melakukan K1 murni maupun K1 akses dan bersedia menjadi responden. Hasil penelitian ini antara lain, 1) karakteristik usia ibu hamil memiliki hubungan signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya (p value=0,038), 2) karakteristik pekerjaan ibu hamil memiliki hubungan signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya (p value=0,030), 3) kebutuhan ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut memiliki hubungan signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya (p value=0,000), 4) karakteristik pekerjaan ibu hamil berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya (p=0,028), dan 5) kebutuhan ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya (p=0,000). Kesimpulan bahwa pemasaran sosial diterapkan untuk mempengaruhi perilaku ibu hamil dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pelayanan antenatal di Puskesmas kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.05/19 Rim p
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Sosial, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Pelayanan Antenatal
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FIRDAUZI RIMADHAN, NIM01614453027NIM01614453027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:36
Last Modified: 01 Mar 2019 08:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item