REPRESENTASI IDEOLOGI PATRIARKI DALAM KOMIK STRIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIKKIPLI)

NENA ZAKIAH, 071411531078 (2019) REPRESENTASI IDEOLOGI PATRIARKI DALAM KOMIK STRIP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIKKIPLI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.12 19 Zak r.pdf

Download (258kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.12 19 Zak r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.12 19 Zak r.pdf

Download (636kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi ideologi patriarki yang ditampilkan pada komik strip @komikkipli di media sosial Instagram. Patriarki merupakan sistem dimana laki-laki mendominasi dan memiliki superioritas terhadap perempuan dan membuat perempuan tetap dikuasai melalui bermacammacam cara. Representasi ideologi patriarki menjadi penting karena seringkali nilai-nilai patriarki mereduksi peran perempuan dan menggambarkan perempuan sebagai sosok yang lemah dan tidak berdaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi ideologi patriarki ditampilkan pada komik strip @komikkipli di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah male gaze sebagai cara laki-laki mengontrol perempuan, objektifikasi tubuh perempuan, konsep maskulinitas, bahasa sebagai bentuk dominasi patriarki dan semiotika Charles Sanders Peirce. Berdasarkan analisis, temuan yang didapatkan adalah representasi ideologi patriarki yang ditampilkan dalam komik strip @komikkipli di media sosial Instagram yang meliputi male gaze sebagai cara laki-laki untuk mengontrol perempuan, bahasa sebagai bentuk kekuasaan dan dominasi patriarki dan konsep maskulinitas pada laki-laki. Dari analisis tersebut, peneliti mendapati berbagai penggambaran tentang patriarki, seperti menggambarkan laki-laki sebagai sosok yang kuat, memiliki kuasa dan superior, sementara perempuan digambarkan sebagai sosok yang lemah, tak berdaya, ditampilkan sebagai objek seksual dan memiliki posisi yang inferior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.12/19 Zak r
Uncontrolled Keywords: Patriarki, dominasi laki-laki, representasi, semiotika Charles Sanders Peirce, komik strip
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NENA ZAKIAH, 071411531078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Mar 2019 07:06
Last Modified: 02 Mar 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item