IDENTITAS AREMANIA DALAM KOMUNIKASI VIRTUAL STUDI KASUS PADA GRUP FACEBOOK AREMANIA JAKMANIA VS BONEK VIKING

MOH. ASADDIN NUR, 071411531056 (2019) IDENTITAS AREMANIA DALAM KOMUNIKASI VIRTUAL STUDI KASUS PADA GRUP FACEBOOK AREMANIA JAKMANIA VS BONEK VIKING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.13 19 Nur i.pdf

Download (58kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.13 19 Nur i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.13 19 Nur i.pdf

Download (485kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi identitas Aremania yang diartikulasikan melalui media sosial grup Facebook Aremania Jakmania vs Bonek Viking. Aremania merupakan salah satu komunitas suporter sepakbola terbesar di Indonesia yang tidak memiliki struktur organisasi. Grup Facebook Aremania Jakmania vs Bonek Viking yang memiliki jumlah anggota aktif terbanyak dan intensitas aktivitas grup paling tinggi menjadi signifikan untuk diteliti. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi media baru dan ruang siber, identitas sosial dan identitas virtual, serta komunitas suporter dan komunitas virtual. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian eksploratif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan admin atau pengurus grup, dan juga melalui observasi partisipan terhadap grup Facebook Aremania Jakmania vs Bonek Viking, serta melalui studi terhadap dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa identitas Aremania telah menjadi identitas bersama/kolektif (identitas sosial). Aremania membenci Bonek menjadi identitas dominan yang diartikulasikan melalui gambar, chant, bahasa walikan, dan umpatan dengan cara merendahkan dan menghina Bonek. Kebencian terhadap Bonek menjadi identitas resisten Aremania yang termasuk dalam dimensi identitas hubungan (relational layer). Ungkapan kebencian Aremania terhadap Bonek menjadi upaya balasan atas apa yang diterima Aremania dari Bonek. Aremania akan senang jika Bonek susah atau sedih, dan sebaliknya. Namun demikian, kebencian terhadap Bonek menjadi topik yang sensitif dan hanya sebatas interaksi di media sosial. Sementara itu, identitas lain yang ditemukan yaitu Aremania cinta damai, juga memiliki bahasa walikan untuk sapaan tertentu serta diksi pisuhan yang khas untuk mengakrabkan diri antar Aremania. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa identitas Aremania belum tuntas, masih terus berlangsung, selalu dibangun, dan senantiasa berubah sesuai dengan konteksnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.13/19 Nur i
Uncontrolled Keywords: Aremania, Identitas, Komunikasi Virtual, Facebook
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MOH. ASADDIN NUR, 071411531056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIrfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Mar 2019 07:22
Last Modified: 02 Mar 2019 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item