PENGARUH THREAT LEVEL PADA IKLAN KOSMETIK TERHADAP BRAND PREFERENCE

SALSABILA MARYAMI EZ, 041311233191 (2019) PENGARUH THREAT LEVEL PADA IKLAN KOSMETIK TERHADAP BRAND PREFERENCE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
B.101-19 Ezs p abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text (fulltext)
B.101-19 Ezs p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan perceived vulnerability dan perceived severity pada konsumen berdasarkan threat level dalam iklan kosmetik menggunakan uji Mann Whitney, yang kemudian dikaitkan dengan message involvement, attitude towards ad dan brand preference dengan menggunakan uji SEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental menggunakan satu variabel bebas, yaitu threat level (low x high) dan mengumpulkan data dari 200 partisipan dari kalangan wanita berumur 17 tahun ke atas. Pengumpulan data partisipan melewati beberapa tahap, yaitu pre test, cek manipulasi, lalu kuesioner. Variabel perceived vulnerability (4 indikator), perceived severity (3 indikator), message involvement (4 indikator), attitude towards ad (4 indikator) dan brand preference (3 indikator) diukur dengan masingmasing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan threat level yang berbeda memiliki perbedaan pada perceived vulnerability dan perceived severity. Perceived vulnerability yang dirasakan konsumen setelah terpapar iklan dengan threat level tertentu memiliki pengaruh positif pada message involvement. Sedangkan perceived severity tidak berpengaruh terhadap message involvement. Selain itu, dalam penelitian ini juga terbukti bahwa message involvement berpengaruh positif terhadap attitude towards ad seperti pada penelitian sebelumnya. Ditemukan pula bahwa attitude towards ad berpengaruh positif terhadap brand preference.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.101/19 Ezs p
Uncontrolled Keywords: Threat Level, Perceived Severity, Perceived Vulnerability, Message Involvement, Attitude towards Ad, Brand Preference, SEM, Mann Whitney
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SALSABILA MARYAMI EZ, 041311233191UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:30
Last Modified: 04 Mar 2019 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item