PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN BERDASARKAN PEOPLE EQUITY (Studi di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto)

NUR AZIZAH SRI UTAMI, 101614453019 (2019) PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN BERDASARKAN PEOPLE EQUITY (Studi di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text (Fulltext)
TKA 09 19 Uta p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto adalah rumah sakit milik pemerintah Mojokerto kelas B. Berdasarkan laporan tahunan Farmasi tahun 2016 s.d bulan Agustus 2018 terdapat rerata waktu tunggu obat di Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan melebihi standar pelayanan minimal (SPM) yaitu rerata waktu tunggu obat jadi sebesar 94,80 menit dan rerata obat racikan sebesar 88,39 menit. Hal tersebut belum sesuai dengan Kepmenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008. Lama waktu tunggu obat di Unit Pelayanan Farmasi Rawat dapat disebabkan oleh produktivitas kerja petugas yang rendah berupa waktu pelayanan resep, sehingga berpengaruh pada waktu tunggu obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rekomendasi peningkatan produktivitas kerja petugas Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan berdasarkan teori people equity. Metode penelitian : observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Lokasi dan waktu penelitian adalah di Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2019. Informan pada penelitian ini adalah total petugas di Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Teknik pengumpulan data primer dengan pembagian kuesioner tentang people equity dan menganalisis produktivitas kerja petugas dengan mengukur waktu pelayanan resep sesuai tupoksi petugas masing-masing dilakukan dengan 180 resep. Hasil penelitian menunjukan mayoritas petugas memiliki profil people equity Optimisted Talent dengan produktivitas tinggi, akan tetapi masih ada petugas dengan produktivitas rendah yaitu petugas penyerahan obat dengan KIE. 30,77 % petugas memiliki profil misguaded enthusiasm, strategic disconect dan disengaged dengan produktivitas rendah. Petugas tersebut adalah bagian verifikator, dan penyediaan obat. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan ppeople equity dengan produktivitas. Terdapat hubungan human resource system dengan people equity dan supervisory tidak ada hubungan dengan people equity. Kesimpulan dari penelitian: Rekomendasi untuk RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto khususnya bagian manajemen sumber daya manusia dengan menempatkan pekerja sesuai dengan ketrampilannya (the right man on the right place). Memberikan in house training, coaching. Menyusun kebijakan dan jadual rutin kegiatan supervisory. mengirim supervisor atau kepala instalasi untuk mengikuti pelatihan human skill dan manajerial skill.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.09/19 Uta p
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, people equity, waktu pelayanan resep
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA410-410.9 Medical economics. Economics of medical care. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
NUR AZIZAH SRI UTAMI, 101614453019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Mar 2019 10:22
Last Modified: 04 Mar 2019 10:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item