ANALISIS HUBUNGAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DAN BEBAN KERJA OBYEKTIF DENGAN KEPATUHAN HAND HYGIENE (Studi Pada Perawat Instalasi Rawat Inap Di RSU Haji Surabaya)

DINA MAYASARI, 101611123058 (2019) ANALISIS HUBUNGAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DAN BEBAN KERJA OBYEKTIF DENGAN KEPATUHAN HAND HYGIENE (Studi Pada Perawat Instalasi Rawat Inap Di RSU Haji Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepatuhan hand hygiene merupakan salah satu indicator keselamatan pasien di rumah sakit. Rendahnya tingkat kepatuhan hand hygiene akan menimbulkan terjadinya infeksi nosokomial. Angka kepatuhanhand hygiene di Rumah Sakit Haji Surabaya Tahun 2017 menunjukkan angka sebesar 79,81% yang berada dibawah standar yang telah ditetapkan rumah sakit yakni 100%. Dalam kurun waktu 2015-2017 angka kepatuhan hand hygiene mengalami tren sebesar 78,36%, 75,35% dan 79,81%. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis hubungan budaya keselamatan pasien dan beban kerja obyektif dengan kepatuhan hand hygiene di Instalasi Rawat Inap di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian obervasional analitik ,menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 50 orang perawat yang diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data meliputi pengukuran budaya keselamatan pasien AHRQ, pengukuran beban kerja obyektif, observasi kepatuhan hand hygiene. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan budaya keselamatan pasien pada perawat instalasi rawat inap memiliki budaya yang kuat. Beban kerja obyektif perawat dalam satu kali shift adalah beban kerja tinggi. Kepatuhan hand hygiene pada perawat instalasi adalah patuh dalam melakukan 5 momen hand hygiene. Terdapat hubungan antara budaya keselamatan pasien dengan kepatuhan hand hygiene (p=0,035) serta adanya hubungan antara beban kerja dengan kepatuhan hand hygiene (p=0,022). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingginya budaya keselamatan pasien dapat menyebabkan tingginya pelaksanaan hand hygiene pada perawat instalasi rawat inap. Beban kerja perawat yang sedang dapat menyebabkan tingginya pelaksanaan hand hygiene pada perawat instalasi rawat inap. Sebaiknya perlu dilakukan motivasi untuk meningkatkan budaya keselamatan pasien dan mengkaji kebutuhan perawat terkait tingginya beban kerja serta perlu pengawasan dan control untuk meningkatkan kepatuhan hand hygiene.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 54/19 May a
Uncontrolled Keywords: culture of patient safety, workload, hand hygiene
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DINA MAYASARI, 101611123058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:37
Last Modified: 05 Mar 2019 03:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item