HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PENGENDARA SEPEDA MOTOR PADA PELAJAR SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik, Kabupaten Gresik)

NURIZZAH MARCHIA, 101411131124 (2019) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PENGENDARA SEPEDA MOTOR PADA PELAJAR SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik, Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Gresik mengalami fluktuasi di tiga tahun terakhir. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik, angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2014 sebanyak 533 kejadian, pada tahun 2015 sebanyak 507 kejadian, dan pada tahun 2016 meningkat kembali menjadi sebanyak 522 kejadian. Sumber yang sama juga menyebutkan bahwa kecelakan terbanyak terjadi pada korban yang berpendidikan SMA. Keyakinan diri atau selfefficacy merupakan faktor kunci sumber tindakan manusia. Self-efficacy seseorang dapat dikembangkan secara kognitif melalui empat sumber pengaruh utama, yaitu: mastery experiences, vicarious experience, social/verbal persuasion dan physiological and affective states. Penelitian ini bertujuan untuk sejauh mana hubungan antara self-efficacy pengendara sepeda motor dalam berperilaku safety riding pada pelajar di SMA Negeri 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancang bangun cross sectional, dimana data dikumpulkan pada suatu waktu tertentu untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan 35 item pertanyaan. Populasi pada penelitian adalah pelajar kelas XII di SMA Negeri 1 Gresik, Kabupaten Gresik yang mengendarai sepeda motor dengan sampel sebanyak 105 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat self-efficacy dengan perilaku safety riding pelajar SMA Negeri 1 Gresik (p=0,004). Selain itu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel mastery experience (p=0,005) dan social/verbal persuasion dengan perilaku safety riding (p=0,001), serta tidak terdapat hubungan yang signifikan atara variabel vicarious experience (p=0,491) dan physiological and affective states (p=0,367) dengan perilaku safety riding. Variabel yang paling erat berhubungan dengan perilaku safety riding pelajar SMA Negeri 1 Gresik adalah variabel social/verbal persuasion. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa nilai mastery experience dan social/ verbal persuasion yang dimiliki oleh pelajar SMA Negeri 1 Gresik berhubungan dengan perilaku safety riding mereka. Sebaiknya pihak sekolah melakukan pengawasan dan melakukan sosialisasi terhadap pelajar yang mengendarai sepeda motor ke sekolah. Orang tua juga harus memberikan nasehat sebagai bentuk persuasi atau dukungan sosial kepada anak terkait perilaku safety riding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 62/19 Mar h
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, safety riding, teenage motorbikers
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB3000-3034 Police and public safety
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURIZZAH MARCHIA, 101411131124UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:57
Last Modified: 06 Mar 2019 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item