ANALISIS STRATEGI PEMASARAN IKAN KERAPU CANTIK (E. fuscoguttatus X E. polyphekadion) DARI KJA SITUBONDO JAWA TIMUR

DOHAN FAHREZA, 141411133010 (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN IKAN KERAPU CANTIK (E. fuscoguttatus X E. polyphekadion) DARI KJA SITUBONDO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 27-19 Fah a-Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 27-19 Fah a.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://library.unair.ac.id

Abstract

Potensi sumber daya alam di sektor kelautan dan perikanan adalah salah satu potensi yang diandalkan dalam mendukung pelaksanaan tata kelola pembangunan dan layanan masyarakat di Situbondo, Jawa Timur. Besarnya potensi sumber daya perikanan yang dimiliki oleh Kabupaten Situbondo dapat dipahami, karena letak geografisnya cukup strategis. Hasil Produksi Ikan Kerapu di Situbondo dari tahun 2012 - 2016 mengalami peningkatan. Produksi perikanan juga harus diimbangi dengan pemasaran yang efisien mengingat sifat produk perikanan yang mudah rusak. Hanafiah dan Saefudin (1983) menyatakan bahwa, sifat produk perikanan yang mudah rusak memerlukan penanganan khusus dalam proses pemasaran untuk menjaga kualitas. Pemasaran adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnis perikanan karena pemasaran adalah tindakan ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani yang tinggi dan rendah, sehingga produksi yang tinggi tidak mutlak untuk memberikan keuntungan yang tinggi tanpa pemasaran yang efisien. Pemasaran ikan di Indonesia tidak dilakukan dengan satu tangan tetapi dilakukan oleh beberapa perantara sehingga membentuk tautan panjang. Adanya rantai panjang, peneliti ingin tahu bagaimana strategi pemasaran kerapu cantik di Situbondo, Jawa Timur. Umur responden kelompok pemasaran ikan kerapu yang cantik termasuk dalam kategori usia yang sangat produktif, yaitu antara usia 30 - 55 tahun. Tingkat pendidikan responden adalah lulus dari sekolah menengah, sehingga responden dari lembaga pemasaran dapat membuat keputusan yang baik dalam perdagangan dan dapat membaca informasi pasar yang ada sehingga memfasilitasi proses pemasaran. Pengalaman responden dalam berusaha budidaya ikan kerapu cantik 1 – 5 tahun, yaitu 52,95 %. Kabupaten Situbondo, memasarkan ikan kerapu cantik melalui dua saluran, yaitu: Saluran Pemasaran 1, petani yang menjual kerapu cantik menggunakan saluran pemasaran ini petani langsung menjual ke pengecer dan saluran pemasaran II, petani yang menjual kerapu cantik yang menggunakan saluran pemasaran II ini langsung dijual ke pengepul. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menentukan efisiensi sistem pemasaran adalah membandingkan bagian yang diterima oleh nelayan (bagian petani) yang merupakan perbandingan antara harga yang diterima oleh pembudidaya dan harga yang dibayar oleh konsumen akhir dan dinyatakan dalam persentase. Berdasarkan perhitungan efisiensi pemasaran dan tolak ukur pangsa petani, saluran pemasaran I lebih efisien daripada saluran pemasaran II di mana persentase saluran pemasaran I adalah 50 % dibandingkan dengan saluran pemasaran II yang hanya 44,7 %. Struktur pasar di Situbondo Jawa Timur adalah pasar persaingan sempurna. Menurut Sukirno (2002) pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling ideal, karena sistem pasar ini yaitu struktur pasar yang akan menjamin realisasi kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensi. Perilaku pasar di Situbondo Jawa Timur antara pedagang dan pengecer melakukan sistem tawar-menawar dan kerja sama. Berdasarkan hasil penelitian dengan judul Strategi Pemasaran Ikan Kerapu Cantik Di KJA Situbondo Jawa Timur, kesimpulan bahwa saluran yang di lokasi penelitian yang banyak digunakan oleh responden adalah Saluran I yaitu Petani - Pedagang Pengecer - Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 27/ 19 Fah a
Uncontrolled Keywords: MARKETING STRATEGY; GROUPER (E. fuscoguttatus X E. polyphekadion) ; CAGE CULTURE SITUBONDO EAST JAVA.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsEmail
DOHAN FAHREZA, 141411133010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAdriana Monica Sahidu, Dr., Ir., M. Kes.UNSPECIFIED
ContributorAnnur Ahadi Abdilah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 09 Mar 2019 07:36
Last Modified: 09 Mar 2019 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item