EFISIENSI DEPURASI MENGGUNAKAN FILTER ARANG AKTIF TERHADAP KONSENTRASI LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata)

AHMAD RISKY FIRDAUS, 41411131190 (2019) EFISIENSI DEPURASI MENGGUNAKAN FILTER ARANG AKTIF TERHADAP KONSENTRASI LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 36-19 Fir e-Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 36-19 Fir e.pdf
Restricted to Registered users only until 11 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas yang dilakukan di daratan secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi perairan. Limbah yang dihasilkan oleh aktivitas di darat dibuang ke dalam sungai yang pada akhirnya akan mengalir ke laut. Logam berat Pb telah mencemari perairan laut dan memiliki konsentrasi yang tinggi. Kerang bulu yang hidup di perairan laut dengan konsentrasi logam berat Pb yang tinggi dapat terpapar logam berat. Logam berat Pb yang ada di dalam tubuh kerang dapat diturunkan dengan proses depurasi. Penurunan logam Pb pada kerang selama proses depurasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain lama waktu depurasi dan filter yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui lama waktu proses depurasi yang efisien untuk menurunkan konsentrasi logam Pb pada kerang dengan menggunakan filter arang aktif. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dan Laboratorium Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga pada tanggal 4 September – 4 Oktober 2018. Parameter utama dari penelitian ini adalah konsentrasi logam Pb pada kerang bulu. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tentang efisiensi depurasi kerang bulu dengan menggunakan filter arang aktif dapat disimpulkan bahwa lama waktu proses depurasi mempengaruhi penurunan konsentrasi logam Pb pada kerang. Lama waktu depurasi yang efisien dan efektif untuk menurunkan konsentrasi logam Pb pada kerang adalah 48 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 36/ 19 Fir e
Uncontrolled Keywords: Activated Carbon Filter ; Lead (Pb) Concentration ; Cockles (Anadara antiquata).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH365-380.92 Shellfish fisheries. Shellfish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD RISKY FIRDAUS, 41411131190UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. Shofy MubarakUNSPECIFIED
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 11 Mar 2019 03:13
Last Modified: 11 Mar 2019 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item